Resep: “Klepon”

klepon2Hemm.. saya suka banget sama jajanan tradisional yang berbentuk bulat kecil, berwarna hijau muda, yang berisi irisan gula merah dan dibaluri ampas kelapa. Namanya, Klepon. Saking sukanya sama Klepon, beberapa hari yang lalu bela-belain deh ke Pasar Bringharjo hanya buat nyari Klepon. Sebenernya sih Klepon ini mudah ditemukan di beberapa warung sayur dan stand-stand Jajanan Tradisional di sepanjang jalan. Hanya saja, qadarullah kemarin standnya tutup dan kalo beli di warung sayur terkadang sudah tercampur dengan aroma sayuran, jadi nggak wangi pandan lagi deh. Ini dia penampakkan Klepon yang begitu mempesona…

<<— 😀

Kebiasaan, kalo lagi ada waktu senggang saya paling demen eksperimen di dapur bikin cemilan, atau masak makanan berat. Nah, karena Jum’at ini sepertinya sedikit selo in syaa ALLAH nanti mau bikin Klepon lagi dengan resep sederhana ala saya, dan ilmu kiro-kiro, jadi takarannya agak kurang detail hanya berdasarkan insting seorang wanita, eaa.. #gagalfokus karena memang di dapur enggak ada timbangan takar. Nah, kurang lebih bahan-bahan untuk membuat Klepon adalah:

  • 250 gram Tepung Ketan (Kalo saya pakenya Rose Brand)
  • Pasta Pandan atau Pasta Warna Hijau (secukupnya, jangan terlalu banyak nanti jadi pahit)
  • 1 sdt garam
  • 1 keping Gula merah (diiris tipis-tipis)
  • 1 lembar Daun Pandan
  • Air secukupnya
  • Setengah buah Kelapa, tidak terlalu tua, diparut (Kalo saya seringnya beli di Warung sayur atau di pasar yang sudah digiling. Memang sih, lebih praktis dan hemat waktu tapi terkadang jadi ampasnya agak kelabu dan terlalu lemas)

Cara Membuat:

  1. Masukkan tepung ketan ke dalam wadah, kemudian beri setetes pasta dan garam. Aduk-aduk dengan tangan hingga tercampur rata warnanya. Lalu, tuangkan sedikit demi sedikit air yang sudah didihkan hangat-hangat kuku. Uleni, hingga adonan tidak menempel di tangan.
  2. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil, pipihkan, kemudian masukkan irisan gula merah lalu bentuk bulat-bulat lagi. Pastikan, tidak ada bagian kulit adonan yang robek atau gula merahnya menyembul, karena akan membuat adonan menjadi terlalu lepeh.
  3. Didihkan air bersama daun pandan. Setelah air mendidih, masukkan bulatan-bulatan kecil calon klepon satu persatu. Indikasi Klepon sudah matang, bulatan-bulatan kecil tersebut mengambang di permukaan air yang sedang didihkan. Angkat.
  4. Tiriskan klepon. Kemudian, baluri di atas parutan kelapa yang sudah disiapkan di piring atau tempayang ayau mangkok, atau apapun itu.. 😀
  5. Sajikan. Untuk jumlah posrinya, tergantung antunna membuat bulatan kecilnya seberapa.. 😀 🙂

Nah, mudah kan? Selamat mencoba ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s