Resep : Panada Isi Sayur

panada
Panada Isi Sayur (Sumber : Sajian Sedap)

Ceritanya, hari ini Nadya (4y) pagi-pagi udah nggegrek minta dibelikan Terompet. Berhubung jauh-jauh hari sebelum hari ini Mamah udah ta welingi nggak usah ikut-ikutan ngerayain pergantian tahun, Mamah pun jadi melarang Mbak Aan (Mamahnya Nadya) untuk menuruti permintaan Nadya. Akhirnya, untuk menghentikan “anarkisnya” Keponakanku satu itu, aku berinisiatif mengajaknya membuat kue, pokoknya gimana deh biar bisa mengalihkan perhatiannya. Salah satu cara yang bisa membuatnya lupa akan tantrumnya adalah, ngrecokin Tante dan Mbah Utinya masak. -_-“

Agak-agak galau juga tadi mau buat apaan? Karena aku belum begitu mahir nge-baking. Well.. tiba-tiba inget sama Panada. Agak bingung juga sih, ngebedain antara Panada dan Pastel. Soalnya bentuknya mirip, bahkan isinya pun sama. Mungkin yang ngebedain Panada dengan Pastel adalah kulitnya. Kalo Panada itu kulitnya empuk kayak roti, kalo Pastel itu kulitnya garing. Continue reading “Resep : Panada Isi Sayur”

Advertisements

Mengembangkan Bakat

bakatApakah diantara kalian berdua adalah seorang Penyair, atau pemilik suara merdu, atau ahli kaligrafi, atau pandai menggambar, atau pandai mendesain, atau minimal punya ungkapan indah yang menggugah? Bila jawabannya ya, apakah kalian menggunakan bakat ini untuk mengungkapkan cintanya, kesetiaannya, dan kebahagiaannya berdekatan dengan pasangan? Ia merupakan usaha yang tidak butuh waktu, tetapi bisa menjerat hati. Continue reading “Mengembangkan Bakat”

Mbak… Seandainya Kau Tahu

18-Creative-DIY-Ideas-That-Re-purpose-Old-Objects-HOMESTHEITCS-13Lihat Kalender, sudah menunjukkan tanggal 20 Desember. Sebentar lagi Natal ya? Hmm, tadi Keponakan telpon..

“Tante Tyas, mau kasih hadiah aku apa? Kemarin waktu aku Ulang Tahun, Tante nggak ngasih apa-apa. Masa Natal aku juga nggak dikasih Kado sama Tante?” Glekk.. tak lama berselang terdengar Mbak bersuara,

“Tante Tyas itu Muslim Kakak. Kakak Icha itu Kristen, Tante nggak ngerayain Natal.”

“Tapi kenapa kita ngerayain Idul Fitri Mah?”

“Karena Mbah Muslim..”

“Kenapa kita nggak jadi Muslim aja Mah?”

Hening…..

___

Continue reading “Mbak… Seandainya Kau Tahu”

Malaikat Tak Bersayap

yesi.jpgSudah beberapa hari ini tamu tak diundang yang kehadirannya begitu mengganggu kestabilan emosi dan fisik datang menyapa. Untunglah, kali ini dia tidak membawa pasukan Bintang Kejora yang bentuknya mengganggu pemandangan di wajah, alias Jerawat. Legaa. Tapi ya itu, kehadirannya kali ini membuat perasaanku jauh lebih sensitif, nangis nggak jelas, ngomel-ngomel mulu, dan pengen makan terusss. Pre-Menstruation Syndrome (PMS).

Mungkin banyak dirasakan oleh sebagian besar wanita, ketika menghadapi siklus bulanannya ini badan berasa lebih pegel dari biasanya, perut kram, lemes, bahkan ada yang pusing dan sampai pingsan. Alhamdulillah, sejauh ini aku belum pernah pingsan karena PMS, hanya kalo perut sudah nyeri, langsung minum Asam Mefenamat atau Paracetamol untuk meredakan rasa nyeri yang awalnya di sekitar perut saja, namun entah mengapa kemudian menjalar ke seluruh tubuh. Berhubung ada riwayat sakit pada Lambung, jadi dokter menyarankan mencukupi dengan Paracetamol saja. Padahal, Asam Mefenamat lebih cepat reaksinya untuk meredakan nyeri. Menurutku sih. Continue reading “Malaikat Tak Bersayap”

Tentang Sebuah Tekad dan Kemauan

ujianIseng ngerjain soal-soal LKS Matematika jaman SMA. Yang dulunya ribet dan suka dijawab dengan metode “Mengarang Indah” alias ngasal.. dan selalu dapet nilai merah, eh, ternyata gampang dan ngga ada setengah jam udah bisa ngerjain semua latihan soal Bab 1. Kenapa nggak dari SMA aja yah aku bisa ngerjainnya? Kalo gitu kan aku bisa dapet nilai bagus setiap ulangan? Nggak perlu bikin geregetan Pak Topo dan Bu Lantik.. hehehe.

Hikmahnya : Tak perlu berandai-andai kita akan kembali ke masa lalu. Segala sesuatu, segala permasalahan, pada dasarnya mudah. Setiap Orang sebenarnya bisa melalui setiap ujian yang diberikan oleh ALLAH, apalagi Guru. Hanya saja, terkadang, kita terlambat menyadari.

ALLAH menguji kita, karena tahu kita bisa melaluinya. Guru memberikan soal Ujian, setelah melihat bahwa kita sebenarnya mampu dan bisa mengerjakannya. Tetapi, terkadang, kemalasan, sikap pesimis, rasa tidak percaya diri, mindset awal yang terbentuk adalah “Duh, ini susah; Duh, aku nggak bisa; Duh, aku nyerah..” yang mengungkung kemampuan kitalah yang pada akhirnya, memberikan hasil yang jauh dari harapan. Continue reading “Tentang Sebuah Tekad dan Kemauan”

Surat Cinta Untuk Kedua Pintu Surgaku

Cool-Pictures-Rose-Flower-HD-Wallpaper-Cool-Pictures-Rose-FlowerBismillah…

Kepada Kedua Pintu Surgaku….

Mamah, Bapak yang dirahmati ALLAH…

Semoga angin malam yang berhembus di langit Jogja menyampaikan salam rindu untuk Mamah dan Bapak di Cilacap sana,

Yang sangat ananda cintai setelah ALLAH dan Rasul-Nya…

Yang sangat ananda butuhkan setelah ALLAH dan Agama-Nya…

Siapalah ananda tanpa Mamah dan Bapak?

Tak akan pernah tahu, seperti apa jadinya ananda jika tidak dibesarkan dalam asuhan Mamah dan Bapak.. Continue reading “Surat Cinta Untuk Kedua Pintu Surgaku”