Suka kah Engkau?

kkYang harus selalu kita usahakan setiap waktu, dimanapun…

“Berbaik sangkalah terhadap siapapun. Ketika kita menunggu kedatangan seseorang yang terlalu lama, jangan lekas menvonis ‘Dia tukang ngaret’, ketika sms, inbox, komentar, atau telepon kita tidak kunjung terbalas, jangan lekas menuduh ‘Dia males membalas pesan kita, dia enggan menerima telepon kita’, atau ketika dia memasang wajah cemberut, kita buru-buru menebak ‘dia lagi marah sama kita’…”

Berilah uzur sebanyak-banyaknya terhadap Saudara kita. Dia tidak lekas datang, mungkin saja di jalan hujan, kena macet, atau ada perihal lainnya yang membuatnya harus berhalangan untuk on time. Dia tidak segera merespon pesan mau pun telepon kita, mungkin saja dia tengah sibuk, sinyal jelek, hp rusak, ketiduran, hp ketinggalan, atau saking banyaknya yang menghubungi, jadi pesan maupun telepon kita terlewat, dll. Ketika dia tiba-tiba cemberut tanpa sebab yang jelas, mungkin saja dia sedang banyak masalah, sedang PMS, dll.

Yah, prakteknya memang sulit. Tapi, tanyalah pada diri kita.. apakah kita suka jika dibilang Tukang ngaret padahal kita di jalan baru saja ditimpa hal yang tidak menyenangkan misalnya? Apa kita merasa nyaman, ketika kita tengah sibuk dan belum sempat merespon pesan maupun telepon dari Orang lain lalu kemudian dicap ‘sombong’, dikatakan ‘malas membalas pesan’? tanya pada hati. Perlakukanlah Orang lain, sebagaimana kita ingin diperlakukan. Ya memang, rasanya sebal, dongkol, kecewa, dll.. tapi percayalah, berprasangka buruk hanya akan membebani hati. Ya kalau prasangka kita terbukti, kalo sudah terlanjur marah-marah dan berpikir yang tidak-tidak, bukankah kita jadi mendzhalimi Saudara kita? Baru setelahnya menyesal telah berbuat demikian pada Saudara kita. Renungkan sabda Rasulullah shallallahu ‘allaihi wa salam berikut :

“Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba ALLAH yang bersaudara” (HR. Bukhari hadits no. 6064 dan Muslim hadits no. 2563).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s