Kemudahan Syariat ALLAH di Balik Jilbab Syar’i

Bukan Jilbab Syar'i
Bukan Jilbab Syar’i

Istilah “Jilbab Gaul”, “Jilbab Modis”, atau “Jilbab Keren” tentu tidak asing lagi di telinga kita, karena nama-nama ini sangat populer dan ngetrend di kalangan para wanita muslimah. Bahkan kebanyakan dari mereka merasa bangga dengan menggunakan jilbab model ini dan beranggapan ini lebih sesuai dengan situasi dan kondisi di jaman sekarang ini. Ironisnya lagi, sebagian dari mereka justru menganggap jilbab yang sesuai dengan syariat adalah kuno, kaku, dan tidak sesuai dengan tuntutan zaman.

Padahal, bukankah ALLAH ta’ala yang mensyariatkan hukum-hukum dalam islam lebih mengetahui segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan bagi hamba-hambaNya dan Dia-lah yang mensyariatkan bagi mereka hukum-hukum agama yang sangat sesuai dengan kondisi di setiap jaman dan tempat? ALLAH Ta’ala berfirman :

أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ
“Bukankah ALLAH yang menciptakan (alam semesta beserta isinya) maha mengetahui (segala sesuatu)? Dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui…” (Surah Al Mulk ayat 14)

Maha Suci ALLAH yang berfirman :

لا يَضِلُّ رَبِّي وَلا يَنْسَى

“Rabb-ku (ALLAH) tidak akan salah dan tidak (pula) lupa..” (Surah Thaaha ayat 52)

Dan ayat lain Dia berfirman :

وَمَا كَانَ رَبُّكَ نَسِيًّا

“Dan Rabb-mu (ALLAH) tidak mungkin lupa..” (Surah Maryam ayat 64)

Dan Maha benar ALLAH yang berfirman :

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

“Sesungguhnya ALLAH memerintahkan (kepadamu) untuk berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan ALLAH melarang dari perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran..” (Surah An-Nahl ayat 90)

581473_545514525516100_967739591_nAyat yang mulia ini menunjukkan bahwa semua perkara yang dilarang oleh ALLAH dalam islam pasti membawa kepada keburukan dan kerusakan, sebagaimana semua perkara membawa kepada kebaikan dan kemaslahatan.

Jilbab modis, jilbab gaul atau apa pun yang tidak sesuai dengan syariat, sudah tentu akan merepotkan penggunanya. Memakan waktu lama, memerlukan banyak jarum pentul atau peniti yang jika tidak hati-hati dapat melukai kulit dagu, leher, pelipis, dan kulit kepala. Tentunya menarik perhatian kaum lelaki, padahal tujuan seorang wanita berjilbab adalah untuk melindungi kecantikannya dan memproteksi dari pandangan laki-laki non mahram.

Syariat ALLAH tentu akan banyak memberi kemudahan dan kemaslahatan bagi Muslimah itu sendiri. Mengenakan jilbab yang dianjurkan secara syariat, misalnya longgar, tidak menonjolkan lekuk tubuh, menutupi dada, dan lain-lain. Mengenakan jilbab yang longgar, akan memudahkan muslimah ketika menyusui anaknya di luar rumah, kainnya yang panjang dapat menjadi apron menyusui. Ketika harus shalat di luar rumah, tidak perlu repot-repot lepas jarum sana sini saat hendak berwudhu. Terlebih jika mengenakan jilbab instan yang lebar, tinggal lepas, pakai, selesai. Baju yang longgar, akan menutupi lekuk tubuh muslimah itu sendiri dari pandangan laki-laki ajnaby, dan masih banyak lagi.

syar'iGerah? Panas? Ribet? Ah tidak.. lebih baik di dunia kita kegerahan, kepanasan, ribet ketika harus naik sepeda motor bebek, demi membela syariat ALLAH. Demi menjunjung tinggi kehormatan dan kemuliaan kita, daripada di akhirat harus dijerang oleh api neraka, dilaknat ALLAH, dan menjadi beban pertanggungjawaban seorang Ayah dan Suami di hadapan Rabb-nya.

So, sekarang tidak perlu repot-repot mencari tutorial jilbab gaul di Youtube, cukupkan saja mengenakan jilbab yang telah diatur dalam syariat. In syaa ALLAH, Ayah mendapat pahala, Suami pun tenang. Antunna? In syaa ALLAH, menjadi salah satu dari sekian banyak Muslimah yang dirindukan Jannah, tentunya dibarengi dengan pemahaman tauhid yang lurus dan akhlaq yang karimah. Barakallahu fiikunna.. ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s