Kulkas Baru

photo0012
Alamdulillaah..

Ketika awal-awal menikah, sudah membayangkan akan membeli beragam perabot Rumah Tangga seperti Kulkas, Mesin Cuci, Sofa, dan lain-lain. Setelah ditimbang-timbang, ketika itu kami belum begitu membutuhkan jadi di-skip dulu, mengingat masih gambling, apakah Januari tahun depan (2016) jadi pindah ke Batam atau tetap tinggal di Jogja dulu. Repot kan, kalo mau pindah ke Batam harus bawa-bawa perabot banyak-banyak, berat di Kargo Buuu.. 😀

Alhamdulillaah, rupanya masih tinggal di Jogja In syaa ALLAH. Akhirnya, kami mulai memikirkan untuk membeli beberapa kebutuhan rumah tangga demi menunjang aktifitas saya di rumah. Yang pertama kami butuhkan saat ini adalah Kulkas. Aneh sih, musim hujan malah beli kulkas, hihihi. Pasalnya, saya jarang ke warung apalagi pasar. Seringnya nitip ke Suami kalo pulang kerja. Demi terpenuhinya gizi keluarga, kami membutuhkan kulkas untuk menyimpan Ikan, Daging, Sayur untuk stok selama tiga hari agar tetap segar.

Hari Ahad kemarin, kami survey ke beberapa toko elektronik di sepanjang jalan Magelang Km 4 – 5,5 biar deket sama rumah. Toko yang pertama kami kunjungi adalah UFO. Saya pikir, UFO hanya menjual barang elektronik, ternyata menjual beragam furniture rumah tangga juga seperti Sofa, Lemari, dll. Desainnya bikin mupeng bangeet.

Kami dipandu oleh pramuniaganya ke lantai dua. Wah, lumayan lengkap juga produknya. Awalnya, saya pengen beli Toshiba Glacio. Tapi kurang suka dengan warna silvernya. Lebih suka dengan yang feminim-feminim gitu (Lho, malah mengutamakan desainnya? :D). Eh, di depannya ada Sharp Kirei Series. Langsung jatuh hati sama Sharp Kirei type SJ-M180D satu pintu warna pink salem, tapi ternyata bodi sampingnya warna putih, jadi patah hati deh. Pasalnya, saya menghindari kulkas dan perabot lainnya yang berwarna putih atau terang karena mudah kotor, dan kalau tergores akan kentara. Akhirnya saya pilih warna biru. Kenapa beli Sharp Kirei Series? Soalnya harganya ramah di kantong, cuma Rp. 1, 698. 000,- kurang dua ribu udah 1,7 juta yak? 😀

Ketika akan bertransaksi, Mas-mas Pramuniaganya bilang ke Suami, “Pengirimannya besok Pak, gimana?” toeeeng.. -_-“ saya dan Suami cemberut deh. Yah, gimana dong? Hari Senin kan Suami kerja, kalau kurirnya datang pas Suami nggak di rumah kan repot? Akhirnya, kami nyari ke toko lain yang bisa dikirim hari itu juga.

Toko kedua yang kami kunjungi adalah At-Takrib. Tetangganya UFO, hihihi. Agak kecewa sih, di At-Takrib ternyata produknya sedikit. Dan, lebih mahal dari UFO, selisihnya lumayan juga, sekitar dua ratus ribuan.. Tapi, bisa diusahakan barangnya diantar hari itu juga.

Selanjutnya, kami survey ke Hypermart di Jogja City Mall. Karena kami berasumsi bahwa di Hypermart lebih murah, ternyataaa.. selisihnya nyaris tiga ratus ribu. Lumayan kan, tiga ratus ribu bisa buat beli blender? :v di Hypermart, periode 19 November-1 Desember harga Kulkas yang saya maksud adalah Rp. 1. 999. 000,-.

Yowes, finally kami balik lagi ke UFO, sambil nyari jasa angkut di sepanjang Jalan Magelang biar bisa langsung dibawa pulang barangnya. A’la kulli haal, berhubung hari Ahad, di depan Studio TVRI sedang ada pasar mobil. Jadi jasa angkutnya nggak terlihat. Yasudahlaah, kami berlapang dada untuk diantar hari Senin, tapi Suami minta diantar jam empat sore biar beliau sudah ada di rumah.

Hari Senin yang ditunggu-tunggu pun tiba. Jam empat, jam lima, hingga maghrib kurirnya belum datang juga. Saya bete, Suami lebih-lebih karena beliau ada keperluan lagi di Kampusnya. Ba’da maghrib, usai shalat, karena tidak ada konfirmasi dari toko, Suami langsung ke UFO yang jaraknya kurang lebih hanya sekitar empat kilo meter dari rumah kami. Kata pihak tokonya, kami diminta menunggu dulu. Karena ada pengiriman ke Kulon Progo juga. Hmm, ketika adzan Isya berkumandang yang ditunggu-tunggu datang juga. Niat hati mau complain, apalah daya lihat wajah capek kurirnya jadi kasihan.

Alhamdulillaah, akhirnya nambah lagi perabotnya. Good condition, cuma ada sedikit mleyot di sisi tepi atas, sedikit banget sih, tapi tak apalah, termaafkan kok. Untuk ukuran rumah kami, Kulkas Kirei series satu pintu, dengan dimensi tinggi 1, 125 M, lebar 55 cm, dan kedalaman kulkas 53 cm lumayan pas untuk diletakkan di dapur kami yang sempit. Meski akhirnya terpaksa diletakkan di ruang utama karena menghalangi jalan kalau saya mau angkat-angkat cucian untuk dijemur.

Sering mendengar kisah, ada beberapa orang yang membeli kulkas namun tidak cepat dingin. Alhamdulillaah, kulkas yang saya beli ketika dinyalakan dan distel suhu medium segera dingin kok. Nggak bising juga. Desainnya apik, raknya tempered glass alias dari kaca. Rak-rak yang di pintu pun fungsional semua. Meski agak khawatir dengan pintu freezernya yang dari plastik, terlihat ringkih. Jadi, harus dijaga supaya bunga esnya nggak meluber, yang membuat pintu freezer kadang retak dan pecah.

Oya untuk spesifikasi kulkas yang saya beli :

Brand : Sharp

Type : Kirei Series SJ-M180D

Warna : Biru (Available pink, putih, dan biru)

Dimensi (l x p x t) : 535 x 550 x 1125 cm

Tegangan : 220 V

Frekuensi : 50 Hz

Garansi Kompressor : 5 Tahun

Non CFC, Rack Tempered Glass

Harga : IDR 1. 698. 000,-*

Wah, bukan promosi loh yaa? Saya enggak dapet komisi apapun kok dari Sharp, apalagi toko elektronik. Hanya berbagi saja, siapa tahu ada yang lagi nyari-nyari info kulkas, seperti saya yang ketika mau beli kulkas juga banyak-banyak nyari informasi di internet. Secara, Kulkas kan dipakai untuk jangka panjang, jadi harus teliti sebelum membeli. Dan, kalau pun dijual lagi ketika mau pindahan, enggak jatuh-jatuh banget harganya. Kenapa pilih Sharp? Karena merknya branded, dan terpercaya. Gallery servicenya banyak. Sparepartnya juga nggak susah (Mungkin loh ya, kan sok tau 😀 ), harganya terjangkau, dan desainnya minimalis. Mungkin, kalo sudah pasti mau menetap dimana dan pindah ke rumah yang lebih besar, kami mulai gencar mencari Kulkas dua pintu yang lebih besar. Boleh juga nyoba Samsung atau LG. Karena, tidak dapat dipungkiri, dua merk tersebut adalah Top Brand. Yang jelas, ada rupa ada harga.. 😀

Sekian

* Harga berbeda pada setiap toko dan daerah. Kalo di Jogja, UFO Jalan Magelang Km. 5,5 Yogyakarta recommended.

____

Yogyakarta, 30 November 2015

~ Tyas Ummu Hassfi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s