Kitab-kitab Bagi Penuntut Ilmu#2

Sebelumnya…

bffa8e997ba9f1873ec570000ae713c6

Mentelaah kitab ada dua cara:

  1. Mentelaah kitab dengan tadabbur (Memperhatikan dengan seksama) dan tafahum (Memahami sedikit demi sedikit). Dalam menempuh cara ini seseorang harus mencurahkan perhatian secara seksama dan telaten.
  2. Mentelaah kitab dengan sekedar melihat-lihat saja. Ia mengamati materi kitabb itu, bahasan-bahasannya dan cara engenal kandungannya. Itu dilakukan dengan cara membaca kitab secara cepat, dengan cara ini tidak diperoleh proses pengamatan yang mendalam dan perhatian yang seksama seperti cara pertama.

Continue reading “Kitab-kitab Bagi Penuntut Ilmu#2”

Kitab-kitab Bagi Penuntut Ilmu #1

10628567_970959396282473_4486454766164789570_n

Bagaimana Berinteraksi dengan Kitab?

Berinteraksi dengan kitab dapat terwujud dengan beberapa cara:

Mengenali materinya

Sehingga seseorang dapat meraih manfaat dari kitab itu, sebab ia membutuhkan spesialisasi (dalam mempelajari ilmu). Boleh jadi kitab tersebut adalah kitab sihir, sulap, atau kitab yang tidak benar. Aka merupakan suatu keharusan mengenal materi kitab sehingga teraih manfaatnya.

Mengetahui berbagai terminologi (istilah) yang digunakan

Hal ini biasanya ditemui pada bagian mukadimah (pendahuluan) kitab tersebut. Dengan mengenal istilah-istilah yang ada engkau akan menghemat banyak waktu. Para ulama menulis pada mukadimah kitab-kitab mereka misalnya, kita mengetahui penulis kitab Bulughul Maram menyatakan Mutafaqun ‘alaihi yang dimaksudkan adalah hadist riwayat Al-Bukhari dan Muslim. Beda halnya dengan penulis kitab Al-Muntaqa jika dinyatakan Mutafaqun a’laihi yang dimaksud adalah hadist riwayat Imam Ahmad, Al-Bukhari dan Muslim.
Continue reading “Kitab-kitab Bagi Penuntut Ilmu #1”

“Mohon Maaf, Saya Mau Unfriend..”

unfriend

Terkadang, geli sendiri kalo ada yang buat status begini :

“Maaf, yang namanya masih alay saya remove..”

“Maaf, yang masih pasang PP foto selfie saya unfriend..”

“Maaf, yang ngeshare foto-foto serem macam pocong, hewan melata, korban bom, korban ketabrak sepeda dan becak, saya delete dari friendlist..”

Hehehe, mbok kalo mau ngremove orang dari FL, ya tinggal diremove aja atuh. Ndak perlu woro-woro segala.. ^^v Menurut saya sih..

Continue reading ““Mohon Maaf, Saya Mau Unfriend..””

Resep : Ayam Paniki

sulistiyoningtyas-ayam-paniki

Iseng-iseng buka buku resep Nyonya Rumah, nemu resep Ayam Paniki. Kebetulan, stok daging ayam di kulkas masih beberapa potong. Daripada digoreng, nanti jadinya kecil-kecil, lebih baik nyoba bikin menu dari daerah lain yang masih asing di lidah dan di telinga. Maa syaa ALLAH, setelah mateng, rasanya gurih, pedes, dan enyaaak. Sampe lahap banget makannya. Continue reading “Resep : Ayam Paniki”

Resep : Seblak Bandung

sulistiyoningtyas-seblak-bandung.jpg

Stok bahan pangan di rumah habis (Perasaan kok sering kehabisan stok deh 😀 ), tinggal ada kerupuk aci dan duo bawang. Perut udah kruyuk-kruyuk minta ditunaikan haknya. Dalam keadaan terdesak karena lapar, tiba-tiba “Tiiing..!” di atas kepala muncul lampu, 😀 aha! Bikin Seblak Bandung aja, meski rada-rada trauma karena sebelumnya pernah buat, tapi gagal total, enggak jelas rasanya.

Nah, kali ini saya serius masaknya demi memenuhi hajat hidup perut yang sudah dangdutan, mengalahkan jedar jedor suara mercon semalem. Cara buatnya simple, nggak pake ribet, dan cepat loh. Continue reading “Resep : Seblak Bandung”