Resep : Seblak Bandung

sulistiyoningtyas-seblak-bandung.jpg

Stok bahan pangan di rumah habis (Perasaan kok sering kehabisan stok deh 😀 ), tinggal ada kerupuk aci dan duo bawang. Perut udah kruyuk-kruyuk minta ditunaikan haknya. Dalam keadaan terdesak karena lapar, tiba-tiba “Tiiing..!” di atas kepala muncul lampu, 😀 aha! Bikin Seblak Bandung aja, meski rada-rada trauma karena sebelumnya pernah buat, tapi gagal total, enggak jelas rasanya.

Nah, kali ini saya serius masaknya demi memenuhi hajat hidup perut yang sudah dangdutan, mengalahkan jedar jedor suara mercon semalem. Cara buatnya simple, nggak pake ribet, dan cepat loh. Bahan :

1 genggam kerupuk aci (sesuai selera aja deh)

1 gelas belimbing air

1 batang daun bawang dan seledri, diiris tipis-tipis

Penyedap rasa ayam secukupnya

Bumbu Halus :

1 Siung Bawang Putih

2 Siung Bawang Merah

6 buah Cabe Rawit Merah

½ sdt Lada Bubuk

1 sdt garam

1 sdt gula pasir

Kencur, sedikiiit aja

Cara Membuat :

  1. Rendam kerupuk pada air mendidih, kurang lebih sepuluh menit
  2. Setelah kerupuk berubah tekstur menjadi kenyal tiriskan, lalu tumis bumbu halus, masukkan kerupuk, dan peyedap rasa, aduk hingga merata.
  3. Masukkan setengah gelas belimbing air setelah bumbu halus tercampur rata dengan kerupuk. Masak hingga air surut.
  4. Angkat kerupuk, tiriskan, sajikan dengan taburan daun bawang dan seledri.

Naaah kan, simple banget buatnya? Enggak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk mencicipi makanan khasnya. Soal rasa, nggak beda jauh kok. Selamat mencoba di rumah ya? ^^

Advertisements

One thought on “Resep : Seblak Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s