Singkong Goreng (Ala-ala Singkong Keju :D )

hhh
Dokumen Pribadi

Tempo hari, Suami ngeshare resep Singkong Goreng Mekar dari Grup memasak di Facebook yang legendaris. Waktu dibaca dengan seksama resepnya, wahh.. gampang banget ternyata. Akhirnya eksekusi deh, dan sukses! Alhamdulillaah, jadi tahu resep rahasia Singkong Talk atau Singkong Keju yang dijual di tepi jalan. Daripada beli 7K Cuma dapet 1 box ukuran kecil, mending yuk simak resepnya dan langsung eksekusi yaa biar nggak penasaran rasanya.. 🙂

Bahan :

2 Buah Singkong

1 Sdm Ketumbar Butiran

Garam secukupnya

2 Siung Bawang Putih

Air Es secukupnya

Cara Membuat :

  1. Singkong dikupas kulitnya, potong sesuai selera, cuci bersih
  2. Panaskan kukusan. Setelah panas, kukus Singkong kurang lebih 20 menit atau hingga empuk.
  3. Haluskan ketumbar, garam, dan bawang putih. Masukkan ke dalam air es, dan aduk hingga tercampur rata.
  4. Setelah singkong dalam kukusan matang, angkat, tiriskan.
  5. Masukkan singkong ke dalam wadah berisi air es yang telah dicampur bumbu tadi. Rendam selama 15-20 menit. (Kalau nggak langsung digoreng, bisa dimasukkan ke dalam kulkas dulu)
  6. Goreng singkong dengan minyak panas dan api sedang
  7. Jika sudah berwarna agak kekuningan, angkat, tiriskan.
  8. Sajikan dengan taburan Bon Cabe, Keju Bubuk, Sapi Panggang Bubuk, dll.

Nah, mudah kan? Oh ya, saya baru tahu kalau kulit bagian dalam singkong ada yang berwarna putih. Selama ini tidak begitu memperhatikan sih. Karena dari dulu, yang saya tahu ya kulit siingkong bagian dalam itu berwarna pink.

Tips :

  1. Singkong harus berkulit dalam pink, supaya empuknya sempurna. Cirinya, masih ada sisa-sisa tanah basah yang menempel di kulit Singkong.
  2. Air es berguna untuk membuat singkong semakin empuk.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s