Soto Ceker

Soto Ceker
Dokumen Pribadi

Sebetulnya, kemarin pengen beli daging Ayam buat dimasak Soto Lamongan. Eh, pas belanja ke warung sayur, kok ayamnya udah nggak fresh. Biasanya kalo beli Ayam, di Indo Grosir atau Pasar. Akhirnya, iseng-iseng nyobain bikin Soto Ceker deh. Resepnya, saya modifikasi dengan resep Soto Lamongan. Alhamdulillaah.. Rasanya seger banget.

Kok telor puyuhnya banyak amat? Iya, jadi pas di tengah-tengah masak gasnya habis. Sedangkan saya parno banget kalo masang-masang gas.Yah, apa boleh buat.. saya lanjutkan masak pake Magic Com. Akibatnya, telur puyuh yang niatnya mau dibakar buat sate, dicemplungin aja ke kuah dan nggak kesampaian juga mau goreng bawang buat taburan biar tambah sedap.

Bahan :

1/4 kg Ceker Ayam

1 liter Air

2 batang Serai, ambil putihnya, geprek

4 lembar Daun Jeruk

1 sdm Garam

1 sdt Gula Pasir

3 sdm Minyak Goreng untuk Menumis

2 buah Cengkeh

Sejumput Pala

3 cm Kayu Manis

1 sdt Kaldu Ayam

Bumbu Halus :

5 butir Merica

6 siung Bawang Merah

3 siung Bawang Putih

1 cm Jahe

2 cm Kunyit, dibakar dulu

2 butir Kemiri, disangrai

1 butir Kapulaga

Bahan Pelengkap :

Secukupnya Kobis

Secukupnya Soun, diseduh pake air panas

Secukupnya Irisan Daun Bawang

Secukupnya Toge, diseduh pake air panas

10 butir Telur Puyuh

Bawang Goreng untuk taburan

Sambal :

5 buah Cabe Rawit

5 sdm Kuah Soto

Cara Membuat :

  1. Bersihkan ceker ayam, potong kukunya, rendam bersama perasan jeruk nipis supaya enggak amis.
  2. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, cengkeh dan pala hingga harum.
  3. Tambahkan air, garam, kaldu ayam, dan gula pasir. Aduk.
  4. Masukkan telur puyuh yang sudah direbus dan ceker.
  5. Masak hingga ceker empuk dan matang.
  6. Susun bahan pelengkap, dan tuangkan kuah soto beserta ceker.
  7. Tusuk-tusuk telur puyuh, bakar seperti sate (Kalo nggak pake telur puyuh juga nggakpapa).

Cara Membuat Sambal :

  1. Ambil kuah soto secukupnya. Gunakan untuk merebus cabe.
  2. Setelah cabe layu, uleg. Masukkan ke dalam mangkok sambal, kmudian tuangi kuah soto.

Sambel sotonya simpel banget. Tapi gitu aja udah lumayan maknyuss dan pedes. Kalo mau agak repot, bisa juga bikin sambel Kacang atau Sambel Koya. Nah, selamat memasak ya Buibu?Semoga sukses! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s