Tips Kunjungan ke Dokter Kandungan

tyas

Sering kita temui Ibu-ibu maupun Calon Ibu merasa sebel, kecewa, kurang puas, dan lain-lain ketika berkunjung ke Dokter Kandungan. Apalagi kalau pertama kali datang. Nah, untuk meminimalisir kekecewaan ketika berkunjung ke Dokter Kandungan, saya punya beberapa tips yang boleh dilakukan Ibu-ibu nih.

Pertama, Mencari Informasi Dokter Kandungan Terbaik di Kota Anda

Yupp, sebelum memutuskan untuk periksa ke dokter siapa atau kemana? Tidak ada salahnya Buibu mencari daftar dokter-dokter recommended di kota tempat anda tinggal. Caranya? Cari di Internet dan bertanya pada teman-teman yang sudah pernah hamil atau berkonsultasi dengan dokter tersebut.

Ketika akan melakukan kunjungan ke dokter kandungan pertama kali pun, saya banyak bertanya pada teman-teman, dan rajin googling di Internet. Hasil pencarian saya, dokter-dokter OBSGYN wanita di Jogja yang banyak direkomendasikan adalah :

  1. dr. Enny Setyowati Pamuji, Sp. OG
  2. dr. Yasmini Fitriyati, Sp.OG
  3. dr. Suprihatiningsih, Sp. OG
  4. dr. Alfaina Wahyuni Sp. OG
  5. dr. Ova Emilia, Sp. OG
  6. dr. Sinta Prawitasari, Sp. OG

Kedua, Membandingkan Tarif yang Dibanderoll

Rumah Sakit Recommended dengan tarif terjangkau :

  1. RSKIA Sadewa Babarsari
  2. RSKIA Sakina Idaman
  3. Asri Medical Centre
  4. RS JIH

Kedua, Atur Jadwal Kunjungan

Pastikan, jadwal berkunjung anda tidak berbenturan dengan jadwal kerja Suami. Kecuali, Suami bersedia ambil cuti. Hal ini penting, sebab Suami perlu tahu bagaimana kondisi kesehatan anda.

Ketiga, Di Rumah Sakit VS Di Tempat Praktek Pribadi

Beberapa dokter kandungan kebanyakan praktek di rumah sakit maupun di rumah. Jika ingin sekedar USG dan Konsultasi, mendatangi tempat praktek pribadinya adalah pilihan yang tepat. Selain waktunya fleksibel, biasanya antriannya tidak mengular dan suasananya lebih hangat. Namun, jika ingin pemeriksaan secara menyeluruh, pilihlah Rumah Sakit dengan system antrian yang tertib dan peralatan medisnya lengkap. Misalnya, Rumah Sakit Jogja International Hospital.

Keempat, Buat Daftar Pertanyaan

Selain sakit yang diderita, penyakit akut yang biasanya dimiliki Pasien adalah “Lupa mau Tanya apa?”. Tipe dokter bermacam-macam. Ada yang irit bicara, ada yang informatif abis, ada yang pertengahan. Nah, kalau kebetulan Dokter yang kita kunjungi ini irit bicara, maka alangkah selamatnya jika kita sudah menyiapkan list-list pertanyaan yang akan diajukan pada Dokter. Ini penting banget! Maka, bekali diri dengan informasi-informasi yang disajikan di internet. Untuk dijawab, atau diluruskan jika keliru.

Contoh daftar pertanyaan :

  1. Apa tanda bahaya pada kehamilan trimester pertama yang harus diwaspadai?
  2. Tahapan apa sajakah yang harus kami lalui untuk memperoleh kehamilan setelah lebih dari satu tahun menikah?
  3. dll.

Kelima, Datang Lebih Awal Lebih Baik

Dokter kandungan wanita, terkenal dengan pasiennya yang mengular. Belum lagi, jika harus mengantri di rumah sakit yang terdaftar menggunakan sistem sesuai dengan urutan kehadiran bukan via telepon. Tentu, sebuah pilihan tepat jika kita memilih datang lebih awal. Datang pada hari kerja juga merupakan pilihan yang bijak, mengingat akhir pekan para Suami baru bisa menemani Istrinya ke dokter. Namun, jika semua orang berpikir serupa? Hmmm.. Banyak bersabar ya kalau begitu? 🙂

Keenam, “Menyamankan Diri”

Ngobrol dengan orang asing yang belum dikenal memang menimbulkan rasa canggung. Lebih-lebih jika “mengobok-obok” aurat yang paling aurat. Geli, risih, malu, dan aneh rasanya. Belum lagi harus menceritakan beragam permasalahan yang bersifat sangat pribadi, seperti jadwal coitus, sifat-sifat cairan yang keluar dari area genital, dan sebagainya. Namun, ketika memutuskan untuk datang ke dokter kandungan, singkirkanlah jauh-jauh ragam pikiran sungkan, canggung, dan rishi. Yakinkan diri, bahwa kita tengah berbicara dan berinteraksi dengan seorang ahli yang akan membantu memberi solusi dan penjelasan mengenai kesehatan yang berhubungan dengan system reproduksi kita, janin kita, dan kesehatan Ibu.

Rileks dan buat diri menjadi nyaman dengan dokter kandungan kita. Agar tercipta keakraban dan suasana kekeluargaan, yang membantu kita untuk terbuka, senantiasa berpikir positif, dan memiliki solusi serta penanganan yang tepat berkaitan dengan kehamilan, reproduksi, maupun program-program kehamilan yang dilalui.

Nah, semoga informasi yang disuguhkan bermanfaat bagi teman-teman ya? Baik yang tengah mengandung atau masih harus bersabar menjalani program kehamilan. FYI, saya domisili di Jogja, jadi hanya mereferensikan dokter-dokter maupun rumah sakit yang berada di Jogja saja. Barakallahu fiikum.. ^^

Tyas Ummu Hassfi,

Yogyakarta,

Jum’at, 8 April 2016 10.49 WIB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s