Sayur Sop

Sulistiyoningtyas-Sop Makaroni
Dokumen Pribadi

Sayur Sop adalah masakan berkuah dengan bumbu terpraktis dan tersimpel. Sayur sop enak banget kalo disajikan bersama Sambel Kecap, Kerupuk, dan Telur Dadar atau Omelet.

Bahan :

5 cm Wortel

2 helai Daun Bawang

1 buah Kentang

Makaroni secukupnya

Daun Kubis secukupnya

Caisim secukupnya

1 buah Tomat, belah jadi empat

Brokoli secukupnya

Bahan-bahan di atas opsional. Baik jumlah, maupun ragamnya. Disesuaikan dengan selera dan porsi keluarga.

Bumbu Halus :

1 sdt Lada Bubuk

2 siung Bawang Putih

Penyedap Rasa

1 butir Kemiri (Opsional)

Garam sekucupnya

1 sdt Gula Pasir

Pelengkap :

Bawang Merah Goreng

Cara Memasak :

  1. Tumis bumbu halus dan tomat hingga wangi.
  2. Tuang 1 liter air, kemudian masukkan wortel, brokoli, macaroni, dan kentang.
  3. Setelah empuk, tambahkan sayuran.
  4. Tambahkan gula pasir, koreksi rasa.
  5. Jika sayuran layu, angkat. Taburkan bawang merah goreng.

Praktis kan? Selamat belajar masak yaa? ^^

Advertisements

8 thoughts on “Sayur Sop

  1. Gregetan dari pas postingan ini muncul pengen tanya tentang sayur sop. Hehe
    Mba, itu kalau tomat emang wajib ya? Harus ada?
    Soalnya sayur sop atau sayur bening yg saya buat kok rasanya suka aneh, beda sama buatan ibu atau sayur buatan orang lain. Ngga tau kesalahannya dimana >_< hehe

    Like

    1. Pas awal-awal masak sayur sop, saya juga suka ngerasa aneh Mbak.. Trus, kemarin saya goreng dulu bawang putih utuhnya sebentar, baru diuleg kasar. Ternyata rasanya pas banget di lidah.

      Sebetulnya, tomat itu bisa sebagai penyedap alami. Sebagian Tomatnya dimasukkin berbarengan dengan ketika menumis bumbu halusnya Mbak, hingga layu. Baru setelah sayur yang keras udah layu, masukkin daun bawang dan sisa irisan tomat lainnya.. hehehe. Jadi kalo menurut saya, ya harus pake tomat. ^^

      Iya yah, saya juga mikirnya gitu.. Kalo makan sayur sop atau tumisan orang lain kok nylekamin banget ya rasanya? Enak. tapi kalo masakan sendiri kok agak aneh? Eh ternyata, itu karena kita lagi mulai meraba cita rasa masakan kita sendiri. Hehehe..

      Like

      1. iya mba. bumbu yang saya pake cuma garam, lada sm penyedap rasa. bawang gorengnya pake yang bungkusan. hehe.. Isi sayur sopnya juga ngasal. mesti sering-sering masak ya biar bisa nemuin yang pas ^^
        Jazaakillaahu khairan mba sharingnya, sm postingan resep2nya kapan-kapan mau ta coba. insyaa Allah ^^

        Like

      2. Garam, lada dan penyedap? Bawang putihnya?

        Hihihi, kalo bawang goreng mah emang buat taburan Mbak.. ^^

        Kalo jam terbangnya udah tinggi, mau masak apa aja mah in syaa ALLAH enak. Karena udah menguasai ilmu kiro-kiro dan rasa-rasa. ^^

        Like

      3. Lha? Hihihi.. Iya atuh Mbak, kalo masak sop ya harus ada bawang putihnya.. Kadang saya pake bawang merah. Baru, setelah matang, ditaburi bawang goreng.

        Tapi, bawang putih yang saya pake, digoreng utuh dulu, trus digeprek atau uleg kasar, trus ditumis sama bumbu lainnya dan tomat. Hehehe.

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s