Kuis.. Kuis..

lensbury-quiz
Sumber Gambar : Google Images

Maa syaa ALLAH, berteman dengan mayoritas Ummahat wa Akhwaat membuat home facebook begitu hiruk pikuk. Sudah menjadi rahasia umum, wanita lebih banyak bersuara ketimbang kaum Bapak. Nah, yang unik dan menarik dari riuhnya postingan di beranda facebook saya adalah, ragam kuis yang banyak digelar oleh sebagian Ummahat. Hadiahnya pun beraneka rupa. Ada yang bagi-bagi pulsa, barang dagangan, gamis, kartu pos, buku, dll.

Tentu ini menjadi sesuatu yang menarik bagi saya. Bukankah berbagi hadiah dengan saudara seiman akan menumbuhkan rasa cinta? Mereka rela menyisihkan sebagian rizkinya untuk dibagikan kepada orang lain. Orang lain senang, ia pun senang. Padahal, di dunia nyata, kenal pun tidak?

Namun yang unik adalah, kadangkala pertanyaan kuisnya agak kurang bermanfaat. Misalnya, ada sebuah bungkusan berwarna hitam. Lalu, ia bertanya pada teman-temannya, “Hayo tebak, bungkusan ini isinya apa?”

Atau, ada bahan, ada alat, lalu bertanya, “Kira-kira saya mau buat apa? Yang bisa menjawab, akan mendapat pulsa sebesar 5k..”

Geli, sekaligus penasaran. Mungkin yang tahu isinya adalah Pembuat Kuis dan ALLAH saja. Hehehe.

Ada lagi, “Tebak, saya lahir tanggal berapa dan dimana? Plus, nama asli saya siapa?”

“Yang bisa jawab, motor saya merk apa, akan dapat hadiah 1 set gamis merk XYZ..”

“Saya buat kuis berhadiah paket produk ABC nih. Siapa yang mau? Silahkan ketik ‘mau’ di kolom komentar. Pemenang akan diundi secara random.” Endesbre endesbre.

Kira-kira, manfaatnya apa ya? Buat iseng-iseng? Seseruan? Boleh-boleh saja sih. Namun, menurut kacamata pribadi saya, alangkah eloknya ppabila pertanyaan kuis yang
diajukan bersifat edukatif dan ilmiah. Komentator yang mengikuti kuis pun menjadi sibuk mengingat jawabannya. Berusaha mencari tahu, dan tentu menambah pengetahuan baru bagi yang lainnya.

Misalnya, tentang kapan Rasulullaah Shallallahu ‘alaihi wasallam lahir? Siapa saja nama Istri beliau? Dimana beliau dilahirkan? Dll. In syaa ALLAH, pertanyaan demikian, akan menambah pengetahuan baru bagi yang belum tahu, tentunya bermuatan dakwah. Iya nggak?

Pertimbangannya adalah, kita sudah belajar ilmu syar’i. Terkadang, tindak-tanduk kita begitu dicermati oleh orang awwam. Tak jarang, mereka ‘ngepoin’ kita, biar bisa mengambil manfaat dari postingan-postingan kita. Jangan sampai, kita mengikuti arus kekinian yang perlahan melunturkan Wibawa jilbab lebar yang kita kenakan. Misal, dengan seringnya memposting hal-hal yang sedikit kurang berfaidah, meskipun itu asyik dan seru.

Nah, buat Ibu-ibu yang gemar membuat kuis, yuk mari, ajak peserta kuis untuk kembali belajar, dan mengingat tentang ilmu-ilmu syar’i yang pernah dipelajarinya. Jadi, pahalanya dobel-dobel deh. Pahala bersedekah, menyenangkan saudara sesama muslim, dan berdakwah. Barakallahu fiikum.. ^^

___

Tyas Ummu Hassfi
Yogyakarta, 10 Mei 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s