Oseng Tempe Usus Lombok Ijo

20160422_091136

Ceritanya, kemarin lagi kepengen banget masak Spicy Chicken Wing Blackpaper. Ketika beli sayap ayam, eh kepikiran pengen beli usus juga. Hmm, akhirnya beli usus ayam tiga ribu rupiah. Ternyata, dapetnya banyak banget! Setelah nyampe rumah, bingung mau diolah apa? -_-“ Untung kemarin juga belanja buat nyetok kulkas. Jadi, ada Kangkung, Tempe, Bayam, dll yang bisa jadi campuran usus ini.

Nah.. Berhubung kemarin yang dimasak Sayap-nya dulu, ususnya saya rebus dengan garam, lengkuas dan daun salam, trus disimpan deh di freezer. Sampe lupa kalo punya stok usus setelah stok sayur udah habis. Tinggal tempe dan daun Caisim doang yang tersisa. Yahh.. galau deh mau dimasak apa ususnya? Khawatir berbau juga. Mau dimasak Oseng Tempe Lombok Ijo, kok ya ragu banget, secara Suami nggak suka garis keras dengan olahan tempe selain digoreng biasa.

Setelah berpikir keras *halaah akhirnya saya beranikan diri buat masak Oseng Tempe Lombok Ijo. Bismillaah, semoga Suami suka. Saya masak penuh konsentrasi, supaya rasanya bisa ditolerir lidah suami. Secara, kalo Suami disajikan masakan yang beliau ndak suka, ya nggak dimakan, trus goreng telur sendiri sambil diem. Huhuhu. Antara sebel dan geli kalo liat suami mutung begitu.

Srang sreng… srang sreng… Taraa, nggak lebih dari lima belas menit Oseng Tempe Usus Lombok Ijo jadi juga. Tinggal goreng telur dadar, buat jaga-jaga kalo dingambekin. Setelah masakan siap, Suami bangun, mandi, trus ngajak sarapan. Aduhh.. dag dig dug, gimana yaa responnya? Sambil nyendokin sayur ke piring, saya bilang, “Ini enak banget loh. Cobain deh.. Aku lagi kangen masakan Ibu, jadi masak ini.. (cengar-cengir) Ibuku dulu selalu masak ini setiap seminggu sekali. Besok, kalo hajatan nikahnya Dewi juga pasti ada sayur ini..” (Harus memberi alasan kuat demi merayu doi 😀 segitunya yak? Padahal sih sebetulnya saya aja yang udah baper duluan kalo misalnya nggak dimakan).

“Hmmm.. Ini enak banget Yank..” What? Serius?

“Aku nggak pernah suka olahan tempe begini. Tapi entah kenapa, kali ini masakanmu enak..” ujarnya. Errr.. Maksudnya masakanku selama ini nggak enak, gitu? -_-“

Alhamdulillaah, excited banget rasanya liat Suami melahap habis sayurnya, sampe nambah nasi juga. Hihihi. Abis itu, doi muji-muji kalo sekarang masakan Istrinya udah mulai enak. Hahaha, jujur amat yak? Jadi semangat buat lebih serius mendalami masak-memasak. Karena emang ya, menjadi kebahagiaan tersendiri bagi seorang Istri ketika Suami dan anak-anak sudah jatuh cinta dengan masakan Istri. Itu kalo saya ya? Ibu-ibu yang udah jago masak mah, mungkin lain lagi kisahnya. Hehehe. Elaah, pas nengok ke atas kok intronya panjang bener yah? Maap-maap ^^v yowes, yuk segera dieksekusi aja resepnya.

Bahan :

1 Papan Tempe (Lebih enak tempe daun, lebih seger dan wangi), potong dadu

200 gram Usus Ayam

1 cm Lengkuas, dibelah tipis jadi tiga, geprek

1 buah Tomat ukuran kecil, potong dadu

10 buah Cabe Keriting Hijau, iris serong

2 buah Cabe Rawit Merah, iris serong

1 siung Bawang Putih, iris tipis

4 siung Bawang Merah, iris tipis

½ buah Bawang Bombay, iris kasar

3 sdm Kecap Manis

Secukupnya Garam

1 sdm Gula Pasir

Secukupnya Air

2 lembar Daun Salam

Cara Memasak :

  1. Rebus usus bersama 3 lembar Daun Salam, 1 cm Lengkuas, dan 1 sdm Garam.
  2. Setelah usus matang, angkat. Tiriskan, dan potong sepanjang 2-3
  3. Potong dadu tempe, goreng setengah matang hingga berwarna keemasan. Angkat, tiriskan.
  4. Tumis trio bawang, duo cabe, tomat, daun salam, dan lengkuas hingga harum.
  5. Masukkan air, kecap, garam, gula pasir dan penyedap rasa. Aduk rata hingga layu benar.
  6. Tambahkan usus, aduk-aduk hingga tercampur rata.
  7. Masukkan tempe, koreksi rasa. Jika terlalu asin, tambahkan kecap atau gula pasir. Jika terlalu manis, tambah sedikit penyedap rasa dan air.
  8. Masak hingga air surut.

In syaa ALLAH ini mudah buat pemula kayak saya. Semoga sukses masaknya ya? Selamat mencoba.. ^^

Tyas Ummu Hassfi,

Yogyakarta, 22 April 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s