Spicy Chicken Wings Lada Hitam

spicy-chicken-wings-sulistiyoningtyas

Sengaja beli sayap ayam buat menjajal resep Spicy Chicken Wings Lada Hitam ala Mbak Diah Didi. Maa syaa ALLAH, beliau jago banget masak, sampe-sampe, saat dilanda bingung mau masak apa, atau ada ide masak sesuatu, saya selalu merujuk ke website beliau, di diahdidi.com.

Mungkin karena beliau orang Jawa asli ya, jadi semua resepnya kok yo pas di lidah saya. Manis gurihnya seimbang. Kadang, saat lagi masak, saya membayangkan bisa selihai beliau dalam urusan perdapuran. Soalnya, Suami hobi banget ngeledek, “Di balik masakan Ibu yang enak, terdapat pengorbanan seorang Ayah di awal-awal pernikahan..” xixixi.

Saat ngadu ke Mamah Mertua karena sering diledek begitu, beliau cuma tertawa dan membela, “Dulu waktu aku awal-awal nikah juga tak pandai masak. Tapi aku belajar, buat kue, buat masakan khas Bugis dan sumatera, karena aku di tinggal di Sumatera. Pandai masak karena terus belajar, jadi lama kelamaan terbiasa.”

Tuh, denger kau Bang? :p (halaah, kayak baca aja si Abang ni 😀 )

Lho, malah ngelantur kemana-mana. Oya, Spicy Chicken Wings-nya menurut saya rasanya enak. Tapi menurut Suami, kurang begitu nendang. Mungkin karena beliau kurang suka dengan Aroma minyak Wijennya kali ya? Dan, bisa jadi, meski resep saya sama dengan Mbak Diah Didi, tapi teknik memasak yang berbeda juga berpengaruh terhadap cita rasa. Tapi, buat makan malem, Spicy Chicken Wings saya rekomendasikan. Selain nggak terlalu berat, juga nggak ribet masaknya.

Bahan :

600 gram sayap ayam bagian ujung atau kalau mau utuh juga boleh

1 sdt air jeruk nipis

½ sdt garam

2 siung bawang putih, haluskan

2 cm jahe, geprek

1 sendok teh minyak wijen

2 sendok makan saus sambal extra pedas

2 sendok makan kecap manis

1 sendok makan saur tiram

½ – 1 sendok makan merica hitam (sesuai selera), tumbuk kasar

Cara Memasak :

  1. Lumuri sayap ayam dengan Jeruk Nipis, lalu cuci bersih
  2. Setelah dicuci, lumuri kembali dengan garam, diamkan 5 menit hingga garam meresap
  3. Campur sayap ayam dengan bumbu lainnya, aduk rata
  4. Masukkan sayap ayam di wajan, masak dengan api kecil hingga ayam matang dan saus mengental
  5. Kalo pake sayap utuh, bisa ditambahkan sedikit air
  6. Setelah susut, tiriskan sayap, goreng dengan api banyak hingga berwarna kecokelatan
  7. Angkat, tiriskan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s