Jamu Kunir Asem

img_20160912_201539
Jamu Kunir Asem udah siap minum

Kala datang bulan menyapa, perut kram sampe bikin guling-guling itu rasanya menyiksaaa banget. Biasanya, untuk meredakan nyeri haid, saya minum Paracetamol. Karena Lambung nggak kuat kalo minum Asam Mefenamat, apalagi Ibuprofen. Meskipun, Paracetamol enggak punya khasiat anti nyeri yang nyata seperti Asam Mefenamat dan Ibuprofen, tapi bisa sedikit meminimalisir rasa nyeri saat haid. Kalo saya sih gitu.

img_20160912_055205
Kunyitnya baru dicuci 😀

Berhubung sisa stok temu-temuan dan rempah tradisional masih banyaaak banget, kepikiran bikin Jamu Kunir Asem. Mengenai khasiat Jamu Kunir Asem, bisa di-googling ya? hehehe. Dari sekian banyak khasiat, beberapa diantaranya yang bikin saya tertarik bikin adalah, mengurangi nyeri haid, bikin badan seger dan langsing, dan kulit lebih mulus.

Akhirnya, sejak haid pertama kemarin, saya bikin Jamu Kunir Asem sendiri di rumah. Alhamdulillaah, rasanya enak banget, sampe satu setengah botol sirup habis belum genap sehari. Praktis, nggak pake ribet.

Bahan :

  • Secukupnya Kunyit
  • Secukupnya Asam Jawa
  • Secukupnya Gula Merah
  • Sejumput Garam

Jadi, pake ilmu kiro-kiro yaa Ladies.. ^^

Cara Membuat :

  1. Kupas Kunyit, cuci bersih, parut atau blender. Kalo nggak mau blender kuning-kuning, diparut aja. Marut kunyit enggak kayak marut kelapa kok, lebih lunak, jadi cepet.
  2. Tambahkan 1,5 liter air
  3. Masukkan kunyit, asam jawa, dan gula jawa yang udah disisir tipis-tipis
  4. Rebus hingga mendidih, lebih baik lagi kalo ngrebusnya pake kendil. Kalo nggak ada kendil ya nggakpapa sih, pake panci biasa aja yang buat ngrebus mie.
  5. Setelah mendidih, angkat. Diamkan sampai dingin, atau langsung pindah ke botol. Jangan lupa disaring dulu ya?
  6. Sajikan dingin, lebih nikmat pake es. Sisanya, disimpan di kulkas.

Oya, biasanya, abis ngrebus jamu, panci kuning-kuning gitu. Kalo saya ngebersihinnya dengan cara merebus air sampe penuh, tambahin sedikit sabun pencuci piring. In syaa ALLAH noda kuning bablas. Tapi, pancinya jangan didiemin lama ya? Kalo bisa, abis dipake langsung dicuci aja biar nggak terlalu repot bersihinnya.

Alhamdulillaah, abis minum Jamu Kunir Asem, badan lebih seger, perut udah nggak nyeri lagi, meski tangan kuning-kuning. 😀

Selamat mencoba ya teman-teman?

img_20160911_131653
Kios Rempah Tradisional langganan. Mbahnya tenggelam di balik rempah-rempah ini. 😀 – Pasar Kranggan, Yogyakarta
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s