Asam Pedas Ikan Kembung

sulistiyoningtyas-asam-pedas-ikan-kembung
Asam Pedas Ikan Kembung

Kemarin, Suami beli Ikan Kembung tiga ekor. Ikan pertama udah dibakar plus disantap sama Sambel Terasi Belimbing Wuluh yang rasanya asem pedes dan bikin kemlecer, enaaaaaaak banget! Jazakallahu khairaan Abang, udah masakin menu yang enak dan bikin nagih (Sok-sokan, padahal nggak doyan Ikan dan alergi 😀 ). Eh, yang enak itu sambelnya, saya makan Ikannya cuma secuil-secuil. Karena, emang lagi belajar makan Ikan. #ngguaya, koyok balita wae 😀

Sebagai orang Melayu, keluarga Suami hobi banget makan Ikan dan Seafood. Selama mudik ke Batam, Mamah pasti selalu masakin aneka olahan seafood buat keluarga. Dan saya, kebagian makan kuahnya atau milih sayuran aja. Menurut saya, Ikan itu nggak enak, amis, dan bersisik. Jadi serem gitu lah rasanya kalo makan Ikan.

Berhubung dokter menyarankan untuk mengurangi konsumsi daging merah, saya justru dianjurkan makan Ikan yang kaya protein. Karena horor dengan sisik, maka saya mencoba makan Ikan Laut. Dikit-dikit dulu, buat melatih lidah. Alhamdulillaah, akhirnya bisa makan Ikan meski dikit-dikit dan kadang dilepeh karena terasa amisnya, walau berujung semaleman tangan guateeeel banget rasanya usai makan Ikan. Hihihi.

Sisa Ikan dua ekor saya masak Asam Pedas. Belajar masak ala-ala orang melayu gituu.. 🙂 Setelah gugling kesana-kemari, akhirnya nemu juga resep yang pas dengan bahan yang ada di rumah.

Bahan :

2 ekor Ikan Kembung (Boleh diganti Ikan Tongkol, Kakap, dan lainnya)

6 siung Bawang Merah

3 siung Bawang Putih

5 buah Belimbing Wuluh

1 buah Tomat, iris

1 sdt Garam

1/2 sdt Penyedap Rasa Sapi

3 lembar Daun Jeruk

1 batang Serai, geprek

1 ruas Lengkuas, geprek

1 ruas Jahe

50 gram Cabe, lebih juga boleh

1 sdt Gula Pasir

1 sdt Gula Jawa

2 gelas Air

Cara Membuat :

  1. Cuci bersih Ikan, dan potong jadi dua bagian
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabe
  3. Tumis bumbu halus, serai, jahe, dan lengkuas hingga harum
  4. Tambahkan air
  5. Masukkan Ikan, aduk-aduk hingga rata
  6. Setelah mendidih, masukkan garam, gula pasir, gula jawa, dan penyedap rasa
  7. Masak hingga matang
  8. Koreksi rasa, Angkat dan sajikan bersama Nasi panas dan Daun Bayam Rebus

Rasanya? Enak! Alhamdulillaah, Suami suka.. Bahagia banget, akhirnya bisa juga masak olahan Ikan buat Suami. Jadi beliau nggak perlu ngalah-ngalah terus buat nggak makan ikan. Hehehe.

Btw, curhatan di atas belum kelar lho teman-teman.. #jiaaah, mulai pada ngantuk nih kayaknya? 😀 Jadi, sewaktu posting resep di cookpad, space buat “Cerita di balik resep” cuma dikit. Nggak lebih dari seratus kata. Bete deh.. Apa karena cookpad mendeteksi kalo saya ini cerewet banget ya, makanya jumlah katanya dibatasi? Hiks..

Oya, buat teman-teman yang mau save resep ini, boleh lho tengok di akun cookpad saya : Disini ya?

Baiklah, cerita selesai. Selamat eksekusi ya teman-teman, semoga berhasil! #”Berhasil.. berhasil..” kata Dora. 😀

♥♥♥

Tyas Ummu Hassfi ~ Yogyakarta, 24 September 2016 Pukul 14. 40 WIB

Usai turun hujan…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s