Kwetiaw Goreng Minimalis

sulistiyoningtyas-kwetiaw
Abaikan kunci motornya.. 😀

Malem ini Jogja diguyur hujan sepanjang waktu, alhamdulillaah. “Allohumma shoyyiban naa’fian..” Semoga hujan ini membawa rahmat, aamiin.

Beneran deh, suasana yang dingin-dingin empuk gini bikin baper, eh.. laper. Galau, mau keluar qadarallaah hujan deres, yang dimintai tolong mirip Kucing, suka hujan tapi nggak mau kehujanan, xixixi. Maap yaa Bang? :p Sayuran di kulkas bener-bener ludeees, kulit Lumpia habis, tinggal sebutir telur. Rasanya hampa banget kalo telur sebutir itu diceplok doang, maksudku, mana kenyang? #elaaah -_-“

Di rak penyimpanan ada Kwetiaw, sisa waktu Ibuk ke Jogja. Mau bikin Mie Godog, qadarallaah, Kemiri dan Merica juga habis. A’la kulli haal. Sabar ya perut, mikir sejenak dulu? 😀 Sambil termangu menatap rak bumbu, wadah cabe, dan rak penyimpanan stok, tiba-tiba terbersit bikin kwetiaw goreng dengan bumbu darurat super minimalis. Bener-bener minimalis, karena bahannya udah sisa terakhiiiir banget. Bawang putih tinggal tiga biji, bawang merah juga, kuecil-kueecil banget pula. Hahaha. Yasudah, masak seadanya aja, daripada balik kamar lagi gangguin orang lagi sibuk cuma buat beliin makan di luar. 😀

Penasaran bumbu minimalisnya apa? Yuk, scroll ke bawah aja.

Bahan :

½ bungkus Kwetiaw (Merk Kuda Menjangan)

1 sdt Bumbu Nasi Goreng Kobe Super Pedas

1 butir Telur

5 butir Cabe Rawit Hijau

3 siung Bawang Merah (Ukuran kecil-kecil)

2 siung Bawang Putih (Ukuran minimalis)

½ Tomat (Ukuran kecil)

Sejumput Garam

Secukupnya Kecap Manis

Secukupnya Saos

Secukupnya Minyak Goreng

Cara Membuat :

  1. Rebus Kwetiaw sampai lunak, angkat, tiriskan
  2. Geprek kasar bawang merah dan bawang putih
  3. Iris tipis cabe rawit, iris kasar tomat
  4. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe, dan tomat hingga harum. Gunakan api kecil saat menumis.
  5. Setelah layu, ceplok telur di atas wajan. Besarkan api. Orak-arik telur, tapi jangan sampe hancur banget.
  6. Masukan Kwetiaw, lalu tambahkan kecap manis. Gunakan api kecil.
  7. Tambahkan bumbu nasi goreng instan dan penyedap rasa ayam.
  8. Aduk hingga tercampur rata
  9. Setelah kering, taburi dengan sejumput garam, aduk-aduk sebentar.
  10. Matikan api. Angkat

Hihihi, nah kan, minimalis banget? Nggak ada sayurnya, sosis atau daging, pokoknya simpel banget deh. Rasanya maknyuus banget lho, laziiz jiddan, Maa syaa ALLAH.

Tapi kok pake bumbu instan nasgor sih?

Spontan aja sebenernya. Namanya juga darurat. Apalagi itu bumbu nasgor juga udah nggak memungkinkan buat dipake masak nasgor, bener-bener tinggal seuprit. Saos, kecap, apalagi? Saosnya sampe nyiprat-nyiprat karena botolnya dikebas-kebas supaya saosnya keluar. 😀

Lha, piye tho, kehabisan kok berjama’ah? Hehe, iya nih.. Biasanya belanja bulanan tanggal 18. Tapi kemarin belom sempet banget belanja lengkap, cuma belanja buat toiletters aja. Jadi maklum, stok kulkas dan dapur enteng-prenteng (Baca, ‘nteng prenteng’). Makanya, darurat melulu dapurnya, ditambah males ke warung udah dua harian ini. Lengkap sudah.. -_-“

Wah, map yaa.. Curcol melulu nih.. Barakallahu fiikum temen-temen. Semoga, resepnya bermanfaat yaa? Khususnya, buat anak kost atau manten anyar yang terjebak hujan dan mendadak laper di malem hari gini. ^^

Tyas Ummu Hassfi ~ Kota Pelajar, 24 September 2016

Jogjaaa… Soyo wengi adeeem tenan..

Save

Advertisements

3 thoughts on “Kwetiaw Goreng Minimalis

    1. Bukan cuma kwetiaw sih Mbak, tempo hari baca postingannya dek Arum. Kalo garam baiknya dimasukin belakangan pas udah mau dimatiin kompornya. Kata Mama Mertua juga gitu, kalo masak bersantan, baiknya garam dimasukin pas uda mendidih, biar nggak keasinan pas dingin.

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s