Sayur Asem

20160419_164034
Sayur Asem

Sayur Asem, asem-asem bikin kesengsem. Hehehe, mekso amat yak? 😀 Sayur Asem yang dulu nggak pernah jadi menu andalan, kini jadi menu yang wajib ada di daftar menu harian. Alasannya cuma dua sih, yang pertama bumbunya simpel. Dan kedua, bahannya murmer. Jadi cocok banget dimasak kalo pas lagi kepengen ngirit. Suami sampe komplain, “Perasaan aku kasih uang belanjanya lumayan perharinya, kok masaknya biasa aja? Sayur Asem lagi.. Sayur Asem lagi..” hiahaha, belum tau yaa kalo Istrinya lagi menyelundupkan sebagian uang ke celengan. Upssst.

Enggak ding.. enggak.. yang bener, kalo pas lagi beli buah seperti Apel, Anggur, atau Semangka, plus ada daging atau ayamnya, maka saya beli sayur yang modelnya udah sepaket. Seperti sayur Asem, Sayur Bening Jawa, dan Sop yang memang sudah dibungkusin komplit. Harganya juga murmer, cuma 2500 rupiah. Kalo nggak gitu, uang 50 ribu udah ludes aja dalam sekejap di warung. Urusannya lebih panjang lagi sama dompet dan mood. :v Jadi emak-emak emang kudu pinter ngatur uang belanja ya, biar nggak terlampau boros maupun teramat ngirit. Sesuatu yang kekurangan atau berlebihan emang nggak baik. #Lho?

Suami mah makan-makan aja sayur asemnya meski komplain. Apalagi kalo ditemani Sambel Terasi, Ikan Asin Goreng, atau Ayam Goreng. Wuiiih.. Maa syaa ALLAH.. Nikmatnyaa..

Bahan :

Paket Sayur Asem :

Jagung, Terong, Labu Siam, Kulit Melinjo, Daun Melinjo, Kacang Panjang, Kacang Tanah, dll sesuai selera

2 lembar Daun Salam

1 ½ sdm Gula Merah

3 sdm Air Asam Jawa

2 cm Lengkuas, geprek

1500 ml Air

Secukupnya Kaldu Bubuk Rasa Sapi

Secukupnya Garam

Bumbu Halus :

7 siung Bawang Merah

2 siung Bawang Putih

1 buah Terasi, dibakar

3 buah Cabe Merah Keriting

Cara Memasak :

  1. Potong sayuran sesuai selera, cuci bersih
  2. Didihkan air, masukkan bumbu halus, gula jawa, lengkuas, daun salam dan sayuran keras, seperti terong, labu siam, jagung, kacang
  3. Setelah sayuran keras melunak, masukkan daun melinjo, dan kacang panjang
  4. Tambahkan penyedap rasa, dan garam sesaat sebelum diangkat
  5. Koreksi rasa, angkat, sajikan selagi hangat bersama Ikan Asin Goreng, Sambel Terasi, dan Nasi Panas.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s