Gulai Telur

gulai-telur
Penampilannya nggak oke.. hiks.. Kurang pinter motret nih…

 

Resep Gulai Telur yang sering saya masak diambil dari buku resep Nyonya Rumah (Ibu Julie Sutarjana). Rasa kuahnya mantap dan aromanya segar. Nah, di bawah ini saya sertakan resep aslinya ya? Hanya ada beberapa bahan sih yang saya skip atau tambahkan. Yakni, Terasi saya ganti dengan Penyedap Rasa Ayam, dan ditambah Gula Pasir. Continue reading “Gulai Telur”

Menikah Beda Suku

menikah-beda-suku
Gambar saya ambil dari pinterest, lalu saya edit.

Menikah beda suku? Siapa yang menyangka pada akhirnya saya akan dinikahi oleh pemuda dari pulau seberang. Sebelum menikah, nggak pernah tuh kepikiran pengen punya Suami orang luar Jawa. Alasannya, Ibu sudah mewanti-wanti, mbok nikahnya sama orang Jawa aja, biar kalo mau ketemu besan itu gampang. Karena, selama punya besan (Mertua Mas dan Mbak) jarang banget ketemu. Secara, dua Mbak saya menikah dengan orang Nusa Tenggara Timur, dan Mas saya menikah dengan Orang Jakarta. Praktis, bisa ketemu besan adalah kesempatan langka bagi Orang Tua saya. Malah, sama sekali belum pernah jumpa tuh dengan Orang Tuanya Papanya Nadya. Hanya berkomunikasi lewat telepon aja. Continue reading “Menikah Beda Suku”

Sambal Ijo Padang

sambal-ijo
Hmmm.. Nyummy.. Nggak cepet basi loh ternyata..

Yeay.. Berhasil bikin rendang, juga kudu berhasil bikin sambel cabe ijo padang-nya dong.. ^^ Kayaknya, rendang tanpa pelengkap sambel cabe ijo padang itu kayak aku tanpa kamu #eh.. hiahaha. Btw, ternyata membuat sambel cabe ijo atau orang Padang nyebutnya Sambel Lado Ijo, ternyata gampang lho. Sekali lagi, karena bukan orang padang, saya nggak tau resepnya? Setelah googling, nemu resep yang pas, meski bumbunya nggak lengkap. Saya nemu resep yang cocok di blognya Rumah Makan Padang Sari Bundo. Continue reading “Sambal Ijo Padang”

Belajar dari Rendang (Tips Memasak Rendang)

rendang tyas.jpg
Sebelumnya kayak Serundeng, sekarang udah mirip Rendang, meski masih perlu diperbaiki lagi. Nguleg kelapa-nya yang halus!

Apa sih hal yang paling membahagiakan bagi seorang Istri dan Ibu? Kalo saya, dalam urusan perdapuran, tentu jawabannya adalah saat eksekusi resep berhasil! Hasilnya enak, Suami dan anak-anak suka, plus dipuji, “Istriku jago masak..” sama Suami. Hihihi. Lebay emang, tapi yakinlah.. Jerih payah kita di dapur terbayar lunas saat keluarga bisa benar-benar menikmati masakan kita. Mereka makan dengan lahap, bahkan tambah lagi-tambah lagi, benar-benar membuat saya bahagia. Merasa dihargai, dan tentunya bangga. Continue reading “Belajar dari Rendang (Tips Memasak Rendang)”

Review Ayam Penyet Surabaya

ayam-penyet-surabaya
Nggak jago motret nih.. Jadi gambarnya kurang oke.. Hiks.. Yang penting rasanya maknyuss.. 😀

Waktu pembekalan KKN dulu, saya disuguhi nasi box dari Ayam Penyet Surabaya. Rasanya kok pas banget di lidah? berhubung saya nggak nyatet alamatnya, jadi yaa nggak pernah tahu lokasinya dimana? Hingga suatu hari, saya sering jalan lewat jalan AM. Sangaji, baru ngeh, kalo ada Rumah Makan Ayam Penyet Surabaya.

Tempo hari Suami ngajak dinner di luar. Awalnya mau makan Sapi Goreng di SS jalan AM. Sangaji, tapi penuh banget. Setelah muter-muter jalan AM. Sangaji, yang nggak begitu jauh dari rumah, akhirnya kami putar arah untuk makan di Ayam Penyet Surabaya. Continue reading “Review Ayam Penyet Surabaya”

Gammi’ Teri

gammi-teri
Gammi’ Teri yang gurih-gurih Asin Pedes..

Apa sih Gammi’ Teri itu? Hohoho, ternyata, Sambel Teri dengan Cabe Rawit khas Bone, Sulawesi Selatan. Abang yang memperkenalkan ke saya, saat suatu hari beliau bikin Gammi’ Teri. Pas lihat teri diuleg jadi sambel, saya sempat merasa aneh, dan protes. Tapi setelah mencicipi rasanya? Aduhaiii.. Bikin pengen nambah lagi, pengen nambah lagi. Enak banget! Continue reading “Gammi’ Teri”