Semur Bola-bola Ayam

semur-bola-bola-ayam
Semur Bola-bola Ayam, manis, gurih, enaaaak.. ^^

Stok Ayam di freezer masih ada sekitar 600 gram. Malees banget mau masak-masak berat hari ini. Kemarin dan tadi pagi udah masak Ayam Goreng, Suami bilang bosen makan Ayam terus. Sedangkan, saya lagi agak pelit belanja hari ini, hihihi. Daripada bingung-bingung, mending bikin bola-bola ayam aja. Kebetulan, saya emang niat banget nyisihin daging tanpa tulang buat dicincang. Toh, saya nggak pernah buat sebelumnya. Yakin aja, Suami juga bakal suka dan nggak jadi bosen makan ayamnya.

Bola-bola ayam awalnya mau saya goreng saja, dibalur tepung panir. Qadarallaah, di rumah lagi ndak ada stok tepung panir. Akhirnya, setelah gugling, saya buat jadi Semur Bola-bola Ayam. Saya nyontek resep Maminya Yodha, Mbak Diah Didi. Cuma, saya modifikasi. Resep aslinya pake daging sapi, nah saya ganti pake daging ayam. Setelah jadi, ternyata rasanya enaaaaaaak banget. Suami juga suka lho.. Alhamdulillaah. Monggo temen-temen yang mau menjajal resep Semur Bola-bola Ayam-nya.

Bahan :

250 gram Daging Ayam dicincang

1 sdt Garam (untuk Bola-bola Ayamnya)

10 butir Telur Puyuh rebus

1 butir Telur (ambil putihnya saja)

1 bua Wortel, potong tipis

½ siung Bawang Bombay, potong kasar

Secukupnya garam

¼ sdt Pala Bubuk (Saya pake pala bijian)

2 sdt Gula Pasir

5 sdm Kecap

1 buah Tomat, dicincang halus

1 Liter Air

1 sdm Minyak untuk menumis

Bumbu dihaluskan :

2 siung Bawang Putih

6 siung Bawang Merah

4 butir Kemiri

10 butir Merica

Cara Memasak :

  1. Campur putih telur, daging ayam, dan garam. Aduk rata. Buat berbentuk bola
  2. Masukkan ayam yang sudah dibentuk bola ke dalam air mendidih. Angkat jika sudah mengapung. Tiriskan
  3. Tumis bawang bombay hingga harum
  4. Tambahkan air
  5. Masukkan bumbu halus dan bahan lainnya, seperti kecap, tomat, wortel, bola-bola ayam, dan telur puyuh
  6. Aduk-aduk hingga merata
  7. Beri penyedap rasa dan garam
  8. Biarkan kuah menyusut
  9. Koreksi rasa. Angkat
semur-bola-bola-ayam2
Ditemani Gulai Daun Singkong, Kuning Telur Goreng sisa, dan nasi panas… endeees..

Save

7 thoughts on “Semur Bola-bola Ayam

Leave a Reply

