Sambal Ijo Padang

sambal-ijo
Hmmm.. Nyummy.. Nggak cepet basi loh ternyata..

Yeay.. Berhasil bikin rendang, juga kudu berhasil bikin sambel cabe ijo padang-nya dong.. ^^ Kayaknya, rendang tanpa pelengkap sambel cabe ijo padang itu kayak aku tanpa kamu #eh.. hiahaha. Btw, ternyata membuat sambel cabe ijo atau orang Padang nyebutnya Sambel Lado Ijo, ternyata gampang lho. Sekali lagi, karena bukan orang padang, saya nggak tau resepnya? Setelah googling, nemu resep yang pas, meski bumbunya nggak lengkap. Saya nemu resep yang cocok di blognya Rumah Makan Padang Sari Bundo.

Pada resep asli, salah satu bahan yang diperlukan adalah jeruk nipis. Kebetulan di dapur nggak ada jeruk nipis, maka saya ganti pake daun jeruk. Trus, ada Tomat Hijau biar warnanya canciik.. Tapi, di kebun adanya tomat merah, yowes nggak jadi masalah yang berarti juga. Malah Suami merasa sureprise banget, katanya sambel lado ijo buatan saya, persis sambel lado asli padang. Alhamdulillaah.

Bahan :

1 butir Bawang Merah

1 butir Bawang Putih

1 buah Tomat Hijau (Merah pun nggakpapa)

6 buah Cabe Hijau besar

Secukupnya Cabe Rawit Hijau

Secukupnya Garam

Secukupnya Gula Pasir

Secukupnya Vetsin (Boleh di-skip)

Minyak untuk menumis

Cara Memasak :

  1. Potong kasar cabe hijau besar
  2. Rebus semua bahan, kecuali gula pasir dan garam (resep aslinya dikukus)
  3. Setelah layu, angkat, tiriskan
  4. Uleg kasar semua bahan, masukkan gula, garam, vetsin, pastikan semua bahan menyatu
  5. Tumis hingga layu dan warnanya cantik
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s