Tahan Jemari dari Ngomongin Politik yaa Buibu…

social-med
Sumber Gambar

Kalo boleh menganjurkan nih ya.. Saya sangat menganjurkan agar Ibu-ibu menahan jemari dari mengomentari dan beropini terkait isu-isu politik atau berita-berita pengalih lainnya yang tengah berkembang kini. Kecuali, memang memiliki kapasitas yang memadai, dan dapat bertanggungjawab terhadap tulisannya, tanpa bawa-bawa perasaan.

Membuka news feed, memang, setiap harinya selalu ada berita-berita terbaru yang fresh from the media. Entah mengapa, membuat kita menjadi demikian sibuk karenanya.

Nah, tugas kita adalah mencerna berita-berita politik, dsb, dengan pikiran terbuka dan kepala dingin. Tidak perlu terlalu reaktif, apalagi membuat postingan yang membuka celah perdebatan.

Saya agak ngeri melihat postingan sebagian Ummahat yang memicu perdebatan. Kalimat-kalimat yang terangkai cenderungnya bermuatan emosi, sarkas, tak jarang, out of topic antara postingan dengan komentar. Adapula yang sampai rela mencela sunnah, hingga aib pribadi yang tidak ada sangkut pautnya dengan postingan yang dimuat.

Mari Buibu, dan Mbak-mbak yang dirahmati ALLAH.. Jadilah Muslimah yang pandai menjaga lisan dan jemari dari perkataan yang tidak bermanfaat, terlebih mengomentari sesuatu yang sedang ramai di jagat maya tanpa ilmu yang mumpuni. Apalagi, mendebat sampai membabi buta. Tidak elok yaa Ukhty.. Toh, akan ada masanya berita-berita tersebut dilupakan, tetapi kalimat-kalimat bernuansa tak sedap telah tercatat abadi dalam buku amal.

Serahkan masalah-masalah yang bukan wewenang kita, pada para Ahli. Langitkan doa untuk perkara yang tidak kita sukai. Jangan tampakkan kebodohan kita dengan banyak berbicara yang tidak perlu.

Bukankah salah satu tanda orang dungu adalah banyak berbicara (yang bukan kapasitasnya) ?

~ Tyas Ummu Hassfi, Batam, 17 Desember 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s