Pizza Teflon Topping Saos Bolognese Sosis

pizza
Pizza-nya tebel, empyuuk, enyakk.. 😀

Pizza Teflon Topping Saos Bolognese Homemade, dan Sosis Ayam ala Tyas Ummu Hassfi *cieeeh

Bagaimana akan tahu rasanya kalo tidak pernah mencoba (membuat resep baru)? Udah dibelikan teflon, masa mentok-mentoknya cuma dipake buat bikin kulit risoles, lumpia, atau dadar gulung doang? Yahh.. Meski harus menahan sakitnya patah hati gegara diameter teflonnya terlalu lebar untuk bikin-bikin kulit.

Kemarin, iseng-iseng bikin kenyang dan seneng. Karena penasaran, pengen memberdayakan teflon untuk bikin sesuatu yang baru, akhirnya saya bikin Pizza!

Banyaknya resep pizza teflon yang berseliweran di home, bikin tangan gatel buat cepet-cepet eksekusi. Alhamdulillaah, kemarin ada kesempatan buat bikin Pizza ini. Meski awalnya sempet ragu, bisa nggak ya? Apalagi diremehin sama Suami, “Yakin mau bikin Pizza? Wah… Nekat bener?” wkwkwk, antara merasa terhina dan tertantang judule..

Alhamdulillaah, sukses! Bahkan Suami sempet syok lihat Pizza ala-ala Istrinya. Tuh, makanya, “Jangan remehin emak-emak yang lagi nyoba resep baru, kalo sukses, buncit perut lo..” hahaha *garing*

Ada yang berminat mencoba resepnya juga kah? Resepnya, dan cara bikinnya simpel kok. Cuma ya kudu sedikit sabar aja, dari nunggu adonan ngembang, hingga manggangnya. Secara kan pake teflon ya, bukan oven? hehehe. Bagian bawahnya kriuk-kriuk, tapi rotinya empuk, toppingnya juga nggak kalah enak kayak yang Pizza Hut.. Halaaah, nggak ding. Standarlah buat ukuran pemula.

Karena emang niat, saya bikin Saos Bolognese sendiri, modal nyontek beberapa resep di Cookpad tapi dengan sedikit modifikasi. Nyesel cuma bikin dikit, kalo tahu enak kan bisa bikin banyak buat saos spaghetti, biar ala-ala orang Itali gitu. Pagi sarapan Spaghetti, siang makan Pizza, sore makan Chocolatos.. 😀

Bahan Roti :

– 200 gram Tepung Terigu
– 1 1/2 sdt Fermipan
– 240 ml Air Hangat
– 2 sdt Gula Pasir
– Sedikit Minyak Zaitun/Minyak Goreng

Cara Membuat Roti :

1. Siapkan 100 ml air hangat di gelas, lalu, masukkan fermipan dan gula pasir. Aduk. Diamkan selama 15 menit hingga berbusa.
2. Siapkan tepung terigu dalam baskom, masukkan sedikit minyak, tambahkan ragi yang sudah diaktifkan tadi ke dalam baskom.
3. Campur semua bahan, uleni hingga kalis, sambil sesekali ditambahkan air kalo adonan terlalu keras.
4. Setelah kalis, bentuk bulat, kemudian tutup dengan serbet yang sudah dibasahi. Diamkan kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipatnya.
5. Setelah mengembang, olesi tangan kita dengan sedikit minyak goreng, biar nggak lengket waktu ambil adonan.
6. Giling adonan dengan rolling pin, kalo pengen tipis, bisa dikurangi adonannya, kalo pengen tebel, yo nggak usah.
7. Setelah permukaan roti rapi, masukkan ke dalam teflon yang sebelumnya sudah diolesi minya goreng atau minyak zaitun.
8. Rapikan tepian roti, kemudian tusuk-tusuk dengan garpu.
9. Setelah rapi, olesi dengan saos cabe, kemudian saos bolognese, baru ditambahkan topping lainnya sesuai selera.
10. Nyalakan kompor dengan api yang sangaaat kecil. Lalu tutup teflonnya ya?
11. Sesekali ditengok, untuk memastikan kematangannya. Tanda Pizza sudah matang, bagian bawahnya udah berwarna cokelat keemasan. Segera diangkat, jangan sampe gosong!

Bahan Saos Bolognese

– Daging Ayam Cincang sesuai selera
– 2 buah Tomat, blender sampai halus
– Secukupnya Lada Bubuk
– Sejumput Garam
– 1 sdm Gula Pasir
– 5 sdm Saos Pedas, Saos Tomat Juga boleh
– 1 siung Bawang putih, cincang halus
– Secukupnya Bawang Bombay, cincang halus
– 2 sdm Minyak Goreng

Cara Membuat :

1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
2. Masukkan ayam, masak hingga berubah warna
3. Tambahkan tomat yang sudah diblender, saos, lada, gula pasir dan garam. Bole ditamba sedikit air.
4. Masak hingga saos kental, koreksi rasa.
5. Angkat, dinginkan
6. Saos siap digunakan untuk topping Pizza

Nah, ribet kan? Eh, gampang kan? Selamat mencoba ya teman-teman.. Semoga berhasil..!

~ Tyas Ummu Hassfi, Yogyakarta, 29 Desember 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s