Estimasi Biaya Melahirkan di RS “Jogja International Hospital”

1471360_10201760837835677_376428647_n
Gambar diambil dari FP Rumah Sakit JIH

Untuk pertama kalinya kemarin saya dateng ke RS JIH. Biasanya mah, kalo mau periksa-periksa ke OBSGYN tinggal cap cus ke Praktek Pribadi dr. Enny Setyowati Pamuji, Sp.OG di daerah Maguwoharjo. Nah, karena kebetulan di RS JIH lagi ada acara Mother Class, jadilah saya “main” ke rumah sakit aroma roti ini, xixixi. Eh, iya lho.. Jika kita ke rumah sakit biasanya mencium aroma obat-obatan, maka di RS JIH rasanya kayak lagi di Mall atau Bandara. Karena, di ruang loby tersedia gerai roti semacam Roti O’ atau Parsley. Kalo salah, tolong dikoreksi ya? Secara, saya nggak tengok-tengok kantinnya. Ditambah lagi, suasananya yang homy banget.

Btw, pada kesempatan kali ini, saya mengantongi informasi penting terkait biaya melahirkan di RS JIH. Barangkali, ada temen-temen yang berkeinginan melahirkan di rumah sakit bertaraf internasional ini, membutuhkan informasi akurat kisaran biaya melahirkan disini. Seperti saya, yang bercita-cita pengen melahirkan di RS JIH, meski Suami masih mrengut-mrengut karena biayanya yang lebih mahal beberapa kali lipat dibandingkan rumah sakit lainnya di Kota Jogja. 😀

Jangan salaaah, ada harga, ada rupa. Di RS JIH, fasilitasnya lengkap banget. Yang terpenting, dokter-dokter kandungan favorit saya ada disini sebagian. Yakni, dr. Enny S Pamuji, Sp.OG., dr. Yasmini Fitriyati, Sp.OG, dr. Mita Prana, Sp.OG. Dokter Mita yang kece dan lucu, xixixi. Dokter Spesialis anak juga mayoritas wanita, jadi amanlah kalo temen-temen pengen ditangani oleh Tim Medis yang semuanya wanita.

Di RS JIH, ada klub khusus Ibu Hamil, yakni Pregnancy Club. Jadi, kalo kita dinyatakan positif hamil, segera saja daftar keanggotaan di Pregnancy Club. Kenapa? Karena, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Diantaranya, Kepastian Kamar, 5 kali Senam Hamil, 3 kali Pijat Bayi, dan 2 kali Breast Care.

Untuk bergabung dengan Pregnancy Club, kita perlu membayar membership fee sebesar Rp. 1. 500. 000,-. Jangan kaget dulu, uang 1,5 jt itu akan dikembalikan saat pembayaran biaya persalinan. Jadi gini, misal kita ambil kelas Alamanda B untuk persalinan normal (3 hari), tarifnya Rp. 9. 600. 000,-, nah, karena udah bergabung dengan Pregnancy Club, maka 9. 600. 000 – 1. 500. 000 = 8. 100. 000. Waktu pembayaran, kita hanya membayar sebesar 8. 100. 000 saja. Istilahnya, bayar DP.

Gimana cara bergabung dengan Pregnancy Club?

  1. Konsultasi dulu kesehatan kehamilan dan HPL dengan dokter kandungan yang tersedia di RS JIH.
  2. Setelah tahu kapan HPL-nya, daftarkan diri untuk mengikuti Pregnancy Club di bagian Admisi Poli Timur (Poli Ibu dan Anak) pada hari Senin – Ahad, jam 07. 00 s/d 21. 00 WIB.
  3. Pilih kelas kamar sesuai budget atau keinginan
  4. Membayar membership fee Rp. 1. 500. 000,-
  5. Setelah melairkan, biaya membership akan mengurangi biaya persalinan atau dikembalikan utuh
  6. Berlaku untuk tariff regular maupun paket melahirkan
  7. Bisa untuk pasien umum maupun asuransi
  8. Dalam kondisi tertentu, uang membership fee akan dikembalikan apabila pasien mengalami :
  • Keguguran
  • Kondisi emergency yang karena kondisinya mengancam jiwanya maka pasien ibu amil arus melahirkan di rumah sakit lain dengan menunjukkan surat keterangan dokter kandungan. Pasien yang sudah mengambil fasilitas paket senanm hamil, maka uangnya dipotong Rp. 25. 000,- untuk administrasi.
  • Informasi lebi lanjut bisa menghubungi Mbak Ati di 0274 – 4463535 ext 544/154

Trus, tarif kamarnya? Tarik napas dulu… hehehe. Fasilitasnya bisa ditengok ya di web-nya langsung? http://www.rs-jih-co.id Pegel nulis di mariih.. 😀

Tarif Bersalin di RS JIH Per Januari 2017 :

  • VIP B

Normal (3 Hari) : Rp. 11. 500. 000,-

Caesar (4 Hari) : Rp. 25. 500. 000,-

Re-Caesar (4 Hari) : Rp. 27. 500. 000,-

  • VIP A

Normal (3 Hari) : Rp. 10. 600. 000,-

Caesar (4 Hari) : Rp. 24. 500. 000,-

Re-Caesar (4 hari) : Rp. 26. 500. 000,-

  • Utama

Normal (3 Hari) : Rp. 10. 200. 000,-

Caesar (4 hari) : Rp. 24. 000. 000,-

Re-Caesar (4 Hari) : Rp. 26. 000. 000,-

  • Alamanda B

Normal (3 Hari) : Rp. 9. 600. 000,-

Caesar (4 hari) : Rp. 21. 600. 000,-

Re-Caesar (4 Hari) : Rp. 23. 000. 000,-

  • Kelas 2

Normal (3 Hari) : Rp. 7. 300. 000,-

Caesar (4 hari) : Rp. 16. 800. 000,-

Re-Caesar (4 Hari) : Rp. 18. 300. 000,-

  • Kelas 3

Normal (3 Hari) : Rp. 6. 300. 000,-

Caesar (4 hari) : Rp. 14. 900. 000,-

Re-Caesar (4 Hari) : Rp. 16. 100. 000,-

Gimana? Nangis bombay enggak lihat tarifnya? Kalo saya sih iyes, wkwkwk :v

Tapi, kalo temen-temen mau melahirkan dengan tarif yang lebih terjangkau di rumah sakit lainnya juga bisa. Yang top juara murahnya masih disandang oleh RSKIA Sadewa punya Bupati Kulonprogo, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG. RSKIA Sadewa ini di daerah Babarsari. Saya belum pernah ke sana sih. Karena pernah nyari, tapi nggak ketemu-ketemu. Di RSKIA Sadewa juga fasilitasnya keren kok.

Trus, RSUP Dr. Sardjito, biaya melahirkan normal masih Rp. 900. 000,-. Kemudian RSIA Sakina Idaman, dan Klinik Amanah yang di deket Tugu punya dr. Shinta Prawitasari, Sp.OG. Ini juga saya belum pernah “main” kesana buat kepo-kepo. Ketiga rumah sakit ini paling deket sama rumah saya.

Mau melahirkan dimana saja, sebetulnya sama saja. Yang membedakan cuma harganya, dokternya, dan suasananya. Kalo saya, cenderung menghindari rumah sakit yang terlalu ramai, supaya lebih private gitu. Tapi kalo bisa, udah dapet privatenya, dapet murahnya pula. Nah lho, emang ada? Wkwkwk.

Jadi, melahirkan di RS JIH plusnya, fasilitasnya canggih dan modern, dokternya juga top markotop. Bisa dapet privatenya juga. Minusnya, tarifnya yang bikin pusing pala berbi. 😀 Tapi kalo buat anak mah, pasti pengennya yang terbaik ya?

Kalo di RSUP Dr. Sardjito, RSKIA Sadewa, RSIA Sakina Idaman, plusnya, fasilitas lengkap, dokternya juga kece-kece (Kalo RSUP Dr. Sardjito kebanyakan dokter laki-laki kayaknya), tapi, minusnya, terlalu ramai. Yaiyalaah, rumah bersalin dengan tarif terjangkau, pasti peminatnya membludak.

Kalo Klinik Amanah, asli saya baru tahu ada klinik ini justru setelah dikasih tahu temen. Elaaah, dulu rajin “main” ke dokter Shinta kok yo nggak ngeh? Xixixi. Kayaknya, klinik ini bisa private deh. Harganya juga terjangkau. Meski lokasinya mepeeet banget sama jalan utama. Yaiyalah, wong di deket Tugu persis kok. Rame beuud.

Demikianlah secuil informasi estimasi biaya melahirkan di RS JIH, dan beberapa informasi seputar Rumah Sakit Bersalin dengan harga terjangkau di Kota Jogja yang saya ketahui. Karena, saya emang jarang keluar buat survey-survey. Tapi sesungguhnya, di Jogja ini membludak banget yang namanya Rumah Sakit untuk Bersalin dengan tarif yang bervariasi. Cuma, kok yo yang saya ketahui secara lengkap kebetulan baru RS JIH. Karena, emang pas ada agenda kesana sih.

Semoga bermanfaat ya? Ini saya nggak lagi ngendorse RS JIH lho.. wkwkwk.

~ Tyas Ummu Hassfi,

Yogyakarta, Ahad, 22 Januari 2017

Advertisements

2 thoughts on “Estimasi Biaya Melahirkan di RS “Jogja International Hospital”

  1. Hallo bun, sya kbetulan lagi browsing² nih buat estimasi biaya persalinan. Kebetulan udah mau masuk ke 7 ini 😁.
    Selama ini periksa hamil dr awal ke rs hermina krn memang deket bgt sama lokasi rumah. Bru sempet kepikiran mau kepo² nih ke JIH. Oiya bun itu utk kelas utama dan alamanda itu satu kamarnya brp bed ya bun?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s