Udang Goreng Krispi

sulistiyoningtyas-udang-goreng-krispi
Hmmm… Nyummmy..

Udah lama nggak masak dan makan Udang. Berhubung kemarin pas ke warung ada Udang besar yang masih seger, sisan dibeli deh. Tapi harganya? Bikin meringis.. hihihi. Harga Udang 250 gram lebih mahal tinimbang daging Sapi 200 gram. 😀 Daging Sapi 200 gram Rp. 22. 000,-, sedangkan Udang 250 gram Rp. 23. 500,-.Isinya 17 ekor. Brarti sekilo sekitar Rp. 94. 000,- ya? Wuooow.. Masih murah daging Ayam yo? #garuk-garukdompet

Pas lihat Udang, yang pertama terlintas di kepalaku adalah dimasak Udang Bakar Madu, makanan supeeer favorit Mister Alfa. Kebetulan, di rumah ada stok madu. Tapi kemudian kepikiran, eman-eman kalo dibuat Udang Bakar Madu semua. Alamat cuma digado nanti, nggak jadi lauk, dan nggak bikin kenyang. Yowes, alternatif kedua, dibuat Udang Goreng Krispi aja. Nanti dimakan pake sayur rebus, sambel terasi mateng, dan nasi panas kemebul.. Meski realitanya, ujung-ujungnya cuma disantap pake saos botolan.. 😀

Resep Udang Goreng Krispi ini, aku ambil dari websitenya Mbak Diah, di www.diahdidi.com. Dengan sedikit modifikasi sih, hihihi. Tepungnya kriuuuk banget, dan empuk. Enaknya top markotop! ^^b Pengen nyobain di rumah? Boleh atuh, yuk simak resepnya.

Bahan :

250 gram Udang ukuran besar, kupas, belah punggungnya, sisakan ekornya (Aku nggak dikupas, biar ada krenyes-krenyes kulitnya yang gurih)

2 sdm Tepung Maizena

150 gram Tepung Terigu

1 sdt Baking Powder

1 sdt Kaldu Bubuk rasa Ayam (Optional)

Secukupnya Garam

¼ sdt Merica Bubuk

1 siung Bawang Putih / 1 sdt Bawang Putih Bubuk

Cara Membuat :

  1. Rendam udang dengan garam, merica bubuk, dan bawang putih bubuk. Kalo aku, pake bawang putih butiran dan merica butiran, diuleg bersama garam. Rasanya lebih kuat dan original. Kemudian, tambah sedikit air.
  2. Diamkan selama 15 menit. Kalo aku, saat mendiamkan rendaman udang, dimasukin ke freezer. Bumbunya jadi menyerap sempurna.
  3. Campur bumbu kering (Tepung Terigu, Tepung Maizena, Kaldu Bubuk, Baking Powder, dan Merica) lalu diayak. Aduk hingga rata sempurna.
  4. Ambil 50 gram adonan, campur dengan 100 ml air. Aduk sampai licin atau tidak ada tepung yang menggumpal.
  5. Ambil Udang satu persatu, celupkan ke adonan basah, lalu gulingkan ke adonan kering, sambil dicubit-cubit. Ketok-ketok udang ke tepi tempat adonan kering supaya lapisannya nggak terlalu tebal.
  6. Goreng dalam minyak panas dan api sedang hingga berwarna kuning keemasan.
  7. Tiriskan.

Gampang to? Boleh juga kalo udangnya diganti Ayam, Ikan, Jamur, dll. Selamat mencoba di rumah ya teman-teman? ^^b

~ Tyas Ummu Hassfi

Jogja, 24 Januari 2017

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s