Mempersiapkan Program Kehamilan (Part 2)

photo0025
Goodie Bag dari Mother Class kemarin

Hollaaa.. Melanjutkan postingan sebelumnya terkait Materi Mother Class pekan lalu, dengan tema “Mempersiapkan Program Kehamilan”, bisa disimak di bawah ini ya teman-teman? Kalo Part 1-nya, bisa dibaca disini.

Syarat Bisa Hamil

  1. Sperma Bagus, baik jumlah, bentuk, kecepatan, dll.
  2. Saluran Telur Tidak Buntu, karena tempat bertemunya sperma dan sel telur di saluran telur.
  3. Fungsi Ovarium dan Siklus Hormonal Normal, sehingga bisa memproduksi sel telur yang bagus.
  4. Rahim dan Lapisan-lapisan Rahim Normal, tidak ada Polip atau Myoma, sehingga embrio bisa menempel dengan sempurna.

Pemeriksaan Dasar Ingin Punya Anak

  1. USG Transvaginal :
  • Untuk mengetahui ukuran Rahim normal atau tidak? Ada Myoma, Kista, atau Endometriosis atau tidak?
  • Untuk mengetahui apakah sel telur bisa berkembang secara baik atau tidak?
  • Apakah ada PCOS atau tidak?

Biaya USG Transvaginal bervariasi. Di RSKIA Sadewa sekitar Rp. 65. 000,- s/d Rp. 70. 000,-, di Asri Medical Center Rp. 110. 000,-, di Praktek dr. Sinta Prawitasari, Sp. OG Rp. 80. 000,- s/d Rp. 90. 000,-, di Praktek dr. Enny Setyowati Pamuji, Sp. OG Rp. 125. 000,-. Mohon dikoreksi jika ada perubahan tarif ya bagi teman-teman yang update di Jogja?

  1. Cek Analisis Sperma :
  • Untuk mengetahui spermanya bagus atau bermasalah
  • Caranya? Abstinensia selama 3-4 hari (Tidak coitus), kemudian mengeluarkan sperma sebaiknya secara ma**urb**i di Laboratorium.
  1. HSG :
  • Untuk mengetahui apakah saluran telur buntu atau tidak?
  • Caranya? Periksa ke dokter Spesialis Radiologi pada hari ke 9 atau 10 setelah haid. Jangan coitus dulu.
  • Jika ditemukan adanya masalah pada saat HSG, atau adanya endometriosis, dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan Laparoskopi.

Untuk biaya HSG sudah pernah saya singgung ya di Part 1? hehehe. Monggo diklik lagi.

Nilai Normal Analisa Sperma Menurut WHO :

  • Volume : > 2 ml
  • Konsentrasi Sperma : > 20 Jt/ml
  • Motilitas : > 50 % gerak lurus / > 25 % gerak cepat lurus
  • Morfologi : > 30 % Normal
  • Lekosit : < 1 Jt / ml
  • Tes Imunologi : < 25 %
  • Mar Tes Sperma : < 10 %

Jadi, apabila hasil analisis sperma Suami tidak sesuai dengan nilai normal di atas, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter Spesialis Andrologi. Sependek yang saya ketahui, di Jogja tersedia satu orang Dokter Androlog, yakni dr. Dicky Moch Rizal, Sp. And. Beliau praktek di RSKIA Sadewa, RS Hermina, RS Happy Land, RSUP Dr. Sardjito, Asri Medical Center, dan di klinik Pribadinya.

Menurut informasi dari temen yang pernah berkonsultasi dengan dr. Dicky, biaya konsultasi Rp. 100. 000,- di RSKIA Sadewa. Tentu saja, totalnya tergantung tindakan yang diberikan, dan obat yang diresepkan.

Oh iya, untuk Tes Analisa Sperma bisa ke beberapa laboratorium yang tersedia di Jogja atau di kota tempat tinggal teman-teman ya? Seperti di Hi-Lab, Lab Cito, Paramita, dan Prodia. Biaya Analisa Sperma bekisar Rp. 125. 000,- s/d Rp. 175. 000,-. Nggak tahu ya kalo di kota lain? Boleh jadi lebih murah, atau lebih tinggi.

analisis-sperma
Gambar diambil dari Google Image


Keterangan
(Dari kiri ke kanan) :

– Gambar (I) Biru adalah Jumlah Sperma banyak (Normal), Gambar Cokelat adalah Jumlah Sperma yang sedikit (Tidak Normal)
– Gambar (II) Biru adalah Bentuk Sperma Normal, Kokoh, seperti Kecebong (Normal). Gambar Cokelat, Bentuk Sperma Cacat, Rusak (Tidak Normal)
– Gambar (III) Biru, Gerak Sperma lurus, cepat, lincah (Normal). Gambar Cokelat, Gerak Sperma tidak beraturan (Tidak Normal)

Nutrisi untuk Persiapan Kehamilan :

Untuk menunjang kehamilan yang sehat, Calon Ibu wajib banget untuk mengkonsumsi nutrisi yang tepat. Apa saja nutrisi yang diperlukan oleh Calon Ibu?

  1. Asam Folat : Asam Folat ini penting banget dikonsumsi dalam masa pra kehamilan. Karena, Asam Folat berfungsi untuk melindungi Janin dari kerusakan tabung saraf, melindungi kerusakan sumsum tulang belakang janin, dan mencegah janin terlambat untuk berkembang. Bagi Calon Ibu, Asam Folat berguna untuk mencegah dari Anemia Megaloblastik. Uniknya, banyak yang salah kaprah, kalo Asam Folat itu merupakan Penyubur! Salah, Asam Folat hanyalah penunjang program kehamilan. Bukan untuk menyuburkan.Sumber Asam Folat adalah : Hati, Sayuran berwarna Hijau, Asparagus, Bit, Brokoli, Serealia, Jagung, Pepaya, Pisang, Strawberry, Telur, Alpukat, dll.

    So, jangan lupa menambahkan sumber Asam Folat pada menu sehari-hari ya teman-teman? 🙂 Trus, gimana kalo “dirasa” kandungan Asam Folat pada makanan sehari-hari masih kurang? Bisa ditambah mengkonsumsi Asam Folat berbentuk tablet. Merknya bervariasi di pasaran, seperti Folavit, Anemolat, Folic Acid, dll. Yang termahal, Folavit. Satu setrip isi 10 seharga Rp. 8. 000,- s/d Rp. 9. 000,-. Yang mura meriah adala Asam Folat Generik merk Folic Acid. Satu setrip isi sepuluh seharga Rp. 1. 500,-. Sedangkan Anemolat sekitar Rp. 2. 000,-. Bisa dibeli di Apotik mana saja tanpa resep dokter.

    Kita hanya perlu mengkonsumsi 400 mcg / hari. Atau 1000 mcg juga tidak masalah. Tidak ada efek samping negatif, karena kelebian Asam Folat akan dikeluarkan bersama Urine.

  2. Vitamin E : Dalam menunjang suksesnya program hamil, tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi berupa Vitamin E. Vitamin E merupakan Vitamin larut lemak dan komponen yang dikenal sebagai Tokoferol. Vitamin E berfungsi untuk melindungi Sel (Sel Telur dan Sel Sperma) dari paparan Radikal Bebas.

    Jadi jelas ya, apa perannya Vitamin E dalam Program Kehamilan? Yakni, menjaga bakal Janin yang masih berupa Sperma dan Sel Telur dari kerusakan yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas.Karena, amat penting bagi kita untuk tidak lupa menyugukan Makanan kaya Vitamin E di meja makan. Sumber-sumber Vitamin E yang umum dikonsumsi adalah, Kuning Telur, Hati, Kacang-kacangan, Sayuran Berwarna Hijau, Minyak Kelapa Sawit, Minyak Kedelai, Minyak Jagung, Minyak Biji Bunga Matahari, Minyak Zaitun, Alpukat, Almond, Pepaya, dll.

    Untuk mengindari kolestrol dan lemak, mungkin minyak goreng di dapur bisa diganti dengan Minyak Zaitun atau Minyak Jagung. Lebih sehat dan tentunya kaya Vitamin E.

    Kalo merasa asupan Vitamin E kurang, bisa diganti dengan Suplemen Vitamin E yang banyak tersedia di apotik. Seperti Ever-E, Santa-E, Fundamin-E, Natur-E, dll. Untuk suplemen Vitamin E menurut saya masi cenderung agak mahal ya? Saya beli Ever-E 250 iU isi 30 tablet saja harganya sudah Rp. 65. 000,-. Hehehe.

    Anjuran Vitamin E yang digunakan untuk program hamil adalah 400 iU. Kalo yang 100 iU itu untuk kulit ya teman-teman? Tapi kok saya pake yang 250 iU? Iya, karena sisanya sudah saya sajikan saat makan, dalam bentuk irisan buah Pepaya, atau Sayur Bayam. 😀

  3. Zat Besi : Zat Besi berfungsi untuk pembentukan sel darah merah, membawa dan menyimpang oksigen ke seluruh tubuh, dan mendukung kekebalan tubuh. Kekurangan Zat Besi akan menyebabkan Anemia, dan menurunnya kekebalan tubuh.Sumber Zat Besi terdapat pada Daging Sapi, Ikan Sarden, Ikan Tuna, Ikan Salmon, Kerang, Daging Ayam, Hati, Telur, Kacang-kacangan, Tomat, Strawberry, dan Sayuran Hijau.

    Suplemen mengandung Zat Besi, yang saya ketahui hanya Sangobion. Harganya kurang tahu ya? Karena belum pernah beli. Masih mencukupkan dengan mengkonsumsi Daging, Telur, dan Kacang-kacangan.

  4. Kalsium : Secara umum Kalsium berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi, mencegah osteoporosis, mengaktifkan saraf, dll. Untuk program hamil, sekiranya terjadi kehamilan, akan membantu menutrisi janin agar tulang-tulangnya terbentuk dan berkembang sempurna.Sumber Kalsium terdapat pada Susu, Daging, Ikan Sarden, Ikan Teri, Rebon, Kangkung, Belut, Bayam, Brokoli, Daun Pepaya, Daun Singkong, Daun Labu, Daun Katuk, Tempe, Tahu, Kedelai, Kacang-kacangan, Biji-bijian, Pepaya Muda, Salak, Nangka Muda, Apel, Pir, Anggur, Kismis, Kurma, Kacang Mera, dll.

    Untuk Suplemen Kalsium, saya belum pernah beli. Masih tercukupi dengan Susu UHT, dan Daun-daunan di atas. Hehehe.

Hal yang harus dijauhi dalam mempersiapkan Program Kehamilan :

  1. Merokok / Menjadi Perokok Pasif
  2. Makanan Mentah
  3. Junk Food
  4. Pengawet
  5. Stress Berlebihan

Lalu, cara cepat untuk hamil?

  1. Konsultasi dengan Dokter- Periksa Organ Reproduksi
    – Apa yang harus dan tidak harus dilakukan
    – Apa saja yang harus diperiksa
  2. Terapkan Pola Hidup Sehat- Jauhi stress, karena bisa mengganggu hormone
    – Olahraga yg teratur, 2-3 x seminggu
    – Istirahat yang cukup, minimal 8 jam sehari
    – Hindari minum alkohol dan merokok
    – Selalu berpikiran positif

Nah, demikian Persiapan Program Kehamilan Alami yang wajib diketahui teman-teman. Intinya, jangan takut untuk melibatkan dokter dalam iktiar mendapatkan buah hati. Nggak usah menerka-nerka, “Kok belum hamil-hamil ya? Jangan.. Jangan..” serahkan pada ahlinya ya teman-teman? Ahlinya ya Dokter Kandungan, Dokter Andrologi, dan Dokter Radiologi.

Semoga teman-teman yang masih dalam proses penantian diberi kesabaran, diberi kelapangan, dan jangan lupa, libatkan ALLAH dalam setiap urusan kita! Keep Figting!!!

~ Tyas Ummu Hassfi, 29 Januari 2017

PS : Boleh untuk disebarkan, dan dicopas. Dengan catatan, menyebutkan sumber (Tidak diaku-aku sebagai miliknya), bukan untuk tujuan komersil. Hargai setiap amanat ilmiah dan kekayaan intelektual ya? ^^

Save

Advertisements

4 thoughts on “Mempersiapkan Program Kehamilan (Part 2)

  1. tulisan part I & II nya aku suka semua , semuanya bener sesuai dokter aku yg bilang saat aku promil. paling bahaya itu di stres ya mbak , tapi faktanya sulit mbak untuk gak stres. seperti saya , say alagi promil tapi stres gak bisa dihilangkan.

    Like

    1. Iya sih Mbak, saat promil wajar kita stress. Kalo yang dr. Mita bilang, “Udah, jangan diinget-inget. Dibawa hepi aja”

      Stres bukan faktor utama penghambat kehamilan Mbak, tapi lumayan berpengaruh terhadap hormon.. Hehehe.

      Tapi, asal nggak ada sumbatan, hormon seimbang, dan seperti yang saya tulis, In syaa ALLAH bisa amil. Jangan lupa, faktor Suami juga turut menyumbang kesuksesan promil.. 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s