Pepes Ayam

pepes-ayam
Hmm.. Nyummy..

Kangen pengen masak Pepes. Meski ribet karena harus bungkus-bungkus pake daun pisang dan ngukus, tapi namanya juga kerinduan yang sudah tak terbendung, maka hari ini masak juga pepesnya.

Meski pernah masak Pepes Ayam sebelumnya, tapi saya lupa pake resep yang mana? Akibat resep Pepes di blog-blog Master Chef, Mbak Diah Didi dan Mbak Endang, adanya cuma resep Pepes Ikan doang, sedangkan saya nggak doyan Ikan. Fyuuh..

Yowez, buka blog NCC dan blognya Mbak Hesti. Saya memodifikasi cara memasaknya. Yang menurut saya lebih simpel, dan bikin bumbu lebih meresap.

Resepnya, saya nyontek punya Mbak Hesti dengan sedikit modifikasi dan pengurangan bahan, karena pas nemu resep di NCC porsinya terlalu banyak. Tapi cara masaknya, saya nyotek NCC. Yakni, adonan untuk Ayam dimasak dulu sampai kuah susut, airnya saya ganti santan ditambah telur. Hasilnya, mantappp..! ^^b

Btw, belajar dari keribetan soal daun yang sobek-sobek saat digunakan untuk membungkus pepes saat pertama kali bikin, membuat saya teringat cara yang dilakukan Ibu saya saat membungkus menggunakan daun pisang. Jadi, dulu, Ibu pernah membakar daun pisang yang saya nggak ngerti apa tujuannya? Saat sedang melap daun pisang tadi, tetiba saya baru sadar, bahwa tujuan Ibu membakar daun pisang adalah supaya daun mudah ditusuk dan dilipat, serta tidak robek.

Aha! Langsung deh saya coba. Nyalakan kompor dengan api sangat kecil, lalu dekatkan daun pisang yang belum dirobek di atas api. Daun pisang akan lemas dengan cepat. Pastikan, semua bagian daun kena panas ya? Nggak harus bersentuan langsung dengan api kok daun pisangnya. Setelah itu, baru potong-potong dengan gunting sesuai kebutuhan.

Hasilnya, daun pisang lemas, mudah dilipat, tidak mudah robek, dan gampang saat disemat lidi. Maa syaa ALLAH, ini ilmu baru buat saya. ^^

Saya sampe ketawa-ketawa pas masak, gak nyadar diliatin Emon dan Sanji.. Xixixi. Saking senengnya nemu tips ini! Mungkin, dari hal sederhana seperti inilah berawal tips-tips memasak ala Ibu, Bumer, atau Master Chef lainnya ya?

Belajar masak terus hingga menemukan ilmu baru yang sebelumnya tak terpikirkan. 🙂 Jika teman-teman bermaksud ingin membuat Pepes Ayam, boleh banget lho nyoba resep ini. In syaa ALLAH, enak!

Bahan :

5 potong Ayam atau sesuai selera

3 lembar Daun Salam

500 cc Santan (Air + Santan Instan)

5 buah Cabe Rawit Merah Utuh (sesuai porsi pepes)

1 butir Telur Ayam, kocok lepas

Penyedap Rasa Ayam secukupnya

Garam secukupnya

1 sdm Gula Pasir

Bumbu Halus :

5 siung Bawang Merah

2 siung Bawang Putih

3 butir Kemiri disangrai

2 buah Cabe Merah

2 ruas jari Kunyit

1 ruas jari Jahe

1 cm Lengkuas

Pelengkap :

1 buah Tomat, diiris tipis

5 buah Cabe Rawit Merah

Segenggam Daun Kemangi

1 batang Serai (Ambil putihnya saja. Potong serong, jadi minimal lima potongan. Kalo porsi banyak, ditambah lagi ya?)

Cara Membuat :

1. Blender bumbu halus bersama 100 cc Santan

2. Masukkan bumbu halus ke dalam wajan, tambahkan santan, telur yang sudah dikocok rata, Ayam, Daun Salam, dan Penyedap rasa.

3. Nyalakan api sedang, sambil terus diaduk.

4. Masak hingga kuah mulai menyusut tapi tidak sampai kering. Jadi masih ada sisanya untuk disendokin.

5. Ambil Daun Pisang yang sudah dibakar, letakkan di atas piring datar supaya tangan nggak panas.

6. Ambil Ayam, letakkan di atas daun. Sendok kuahnya yang kental hingga melumuri Ayam. Tata Tomat, Serai, Cabe dan Daun Kemangi.

7. Semat daun pisang dengan lidi.

8. Masukkan satu persatu pepes yang sudah dibungkus ke dalam Dandang atau Panci Pengukus.

9. Kukus hingga matang. Kurang lebih dua puluh menit. 11. Jika sudah matang, angkat. Sajikan bersama Sambel Terasi matang.

12. Bisa juga dipanggang dulu di atas teflon supaya rasanya semakin mantap dan nendang. Selamat Mencoba.. ^^

~ Tyas Ummu Hassfi, Yogyakarta, 13 Februari 2017

Save

Leave a Reply

