Cilok Mercon

wp-image-141565643jpg.jpg
Cilok yang bikin perut ikut kepedesan..  😀

Kadang, kepepet saat lapar melanda membuat seseorang menjadi kreatif. Seperti yang baru saja saya alami. Pukul setengah sepuluh malam lapar dan kepengen makan Cilok. Pede kalo stok bahan di dapur masih tersedia. Setelah menyalakan kompor dan meracik bumbu baru sadar, stok penyedap rasa sudah habis.

Arghhh.. Bad mood sekali rasanya. Di satu sisi perut sudah berdendang, di sisi lain Cilok tanpa Penyedap rasa berarti hambar.

Sambil ngubek-ngubek box bumbu, saya berharap menemukan sebungkus Royco. Malas rasanya harus mengeluarkan sebiji daging ayam di freezer untuk dibuat kaldu. Karena memang lagi pengen membuat Cilok tanpa daging. Nggak praktis lagi dong judulnya kalo ujung-ujungnya pake daging? Hihihi.

Di tengah kegalauan, tetiba mendapat ide. Memanfaatkan bumbu nasi goreng Kobe! Hahaha. Lagi-lagi bereksperimen dengan bumbu nasi goreng  kobe, setelah dulu pernah membuat Kwetiaw goreng praktis pake bumbu Kobe juga.

Akhirnya, untuk menyamarkan rasa hambar, saya menggunakan bumbu ini. Namanya pun berganti bukan Cilok Biasa, tetapi Cilok Mercon. Asli, rasanya pedeeees banget dan enaknya nggak kalah dengan Cilok biasa lho. Dijamin! In saya ALLAH. Bisa jadi solusi pengganti cabe nih,  di tengah harga Cabe yang kini tengah melambung.

Tapi hati-hati ya dalam menakar bumbunya?  Tadi saya menambahkan saos ekstra pedas. Setelahnya, perut rasanya panas. Duhaaai Asam Lambung, enyahlaah. Tapi kalo buat penghobi pedas mah kuat-kuat aja sepertinya..

Ada yang mau mencoba resepnya?

Bahan :

2 sdm Tepung Terigu (dikira-kira aja. Asal takarannya sama atau kurang sedikit dari tepung tapiokanya)

2 sdm Tepung Tapioka

1/2 sdt Lada Bubu

1 siung Bawang Putih

Secukupnya Garam

Secukupnya Daun Bawang

1  liter Air

1/2 sdh Gula Pasir (jika suka)

Secukupnya Bumbu Nasi Goreng Kobe Pedas

Bisa ditambah Royco Ayam biar lebih mantap

Cara Membuat :

1. Haluskan bawang putih bersama garam

2. Didihkan air. Masukkan bumbu yang dihaluskan, lada, penyedap rasa

3. Masukkan tepung terigu dan tepung tapioka ke dalam wadah

4. Masukkan irisan daun bawang dan bumbu nasi goreng Kobe ke dalam wadah tepung

5. Jika air sudah mendidih, tuang beberapa sendok ke dalam adonan secara perlahan. Jangan terlalu banyak. Aduk rata. Jangan terlalu lama ya?  Khawatir adonan menjadi keras, karena tidak menggunakan daging cincang

6.  Bentuk bulat kecil sesuai selera. Masukkan ke dalam air mendidih

7. Jika sudah mengandung, tanda Cilok sudah matang

8. Angkat,  teriskan.

9. Siram dengan saos.

10. Saos simpel : Secukupnya saos ekstra pedas, dan kecap. Tambah sedikit kuah Cilok. Aduk rata. Siram di atas Cilok Mercon.

11. Cilok Mercon siap disantap hangat-hangat.

~ Tyas Ummu Hassfi, Yogyakarta, 15 Februari 2017

Save

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s