Tumis Sawi Bakso 

Hmmm.. Nyummy..

Sejujurnya, saya paling males kalo masak sayur ditumis. Paling banter, dimasak Sayur Bening Bayam atau direbus begitu saja dengan sejumput garam.

Di antara alasan kenapa saya malas masak tumisan adalah, karena saya masih belum pintar dalam menakar gula dan garam untuk menghasilkan masakan yang rasanya pas di lidah. Tidak terlalu manis maupun terlalu asin. 

Sedih jika mendapati sayur tumisan tidak laku, alias bersisa banyak atau bahkan tak tersentuh sama sekali. Karena alasan tersebut, saya jadi lebih sering masak dengan bahan utama non sayur. Pasti laris, makanya, jarum timbangan bergerak ke kanan terus. Kebanyakan kolesterol dan lemak! Aduh.. 😂

Dalam rangka menjalani pola makan dengan gizi seimbang, saya kembali menghadirkan menu sayuran dalam porsi makan sehari-hari. Bosan dengan Bayam rebus, kini mencoba masak tumisan setelah sekian lama vakum. Yaaa.. Meski tetep, belum bisa lepas dari MSG dan Minyak. Bertahap lah.

Kali ini, saya masak Tumis Sawi Putih Bakso. Biasa kalo masak tumisan saya cuma pake bawang putih, bawang merah,  cabe dan tomat. Tapi kini saya tambahkan Jahe. Rasanya, jauh lebih segar dari yang pernah saya buat sebelumnya. Meski tetep nggak begitu laris, karena Suami lebih milih Lauknya. Huhuhu..

Tapi nggak papa kok, yang penting saya sudah bisa mendapatkan rasa yang pas untuk menumis sayur Sawi putih ini.

Bahan :

1 ikat Sawi Putih

1 cm Jahe,  geprek

2 siung bawang merah

1 siung bawang putih

1/2 bungkus Royco Ayam

300 cc Air

1/2 buah Tomat

1 bungkus Bakso Ayam

2 buah Cabe Rawit Merah

Cara Membuat :

1. Iris tipis duo bawang, Tomat, dan Cabe Rawit.

2. Belah bakso jadi dua

3. Iris Sawi Putih

4. Goreng duo bawang, setelah kekuningan, sisihkan di tepi wajan. Masukkan Sawi, aduk rata.

5. Tambahkan sedikit air, tomat, jahe, dan bakso

6. Masak hingga layu, tambahkan penyedap rasa (masih menyerah pake gula garam, jadi yang pas pake Royco Ayam deh.. 😩). Tapi kalo nggak suka pake Royco, lebih baik emang gunakan Gula dan Garam ya?

7. Setelah matang, angkat. Sisihkan di piring Saji.

8. Santap selagi hangat bersama kerupuk, Ikan Asin Goreng dan Sambel Terasi. Mantap!

Xixixi, ngga penting banget ya tumisan Sawi aja diposting?  Pasti teman-teman masak tumisan mah expert, masak sambil merem juga keciiiil.. Tapi saya, rupanya masih harus terus belajar banyak setiap waktu. Supaya Abang jadi doyan makan sayur. Saya pikir cuma anak-anak yang pikcy eater. Ternyata bapak satu ini juga pemilih dalam makanan. 😂

~ Tyas Ummu Hassfi, 19 Februari 2017

Leave a Reply

