Ayam Suwir Bumbu Bali

16939442_1955116534717987_3066426511770852348_n
Pedesnya nampool.. ^^b

Cabe Keriting Merah mulai layu dan keriput. Di tengah harga Cabe yang tengah bergejolak rasanya sayang membiarkannya busuk sia-sia. Lalu terbuang tragis di tong sampah.

Di tengah kegalauan tetiba teringat, tempo hari ada postingan Ayam Suwir Bumbu Bali milik Bunda Halawa Hilwa di grup Langsung Enak. Wah, akhirnya beli dada ayam di warung buat eksekusi. Kebetulan, diantara bumbunya menggunakan Cabe Merah yang lumayan banyak. Sip laah, masalah Cabe teratasi. Hihihi.

Saya cuma beli dada seperempat kilo untuk dimasak Ayam Suwir Bumbu Bali sebagai menu makan malam kemarin. Untuk sarapan esok pagi (kemarin) masih galau mau bikin Sambel Goreng Ati, Cap Cay Sayur, atau Nasi Goreng (akhirnya bikin Nasi Goreng Ayam Bumbu Bali). 😂

Lucu yaa, punya daftar menu harian, tapi kadang masih suka bingung mau masak apa? Ini sih gara-gara bahannya kadang ngga ada di warung, Suami request menu lain, saya kepengen masak yang lain, atau lagi males gerak dan segudang alasan lainnya. Kayaknya emang sudah saatnya direvisi biar lebih ekonomis dan ngga pake lama masaknya deh. Hmmm.. Kapan yaa bikin daftar menu baru lagi? (Sambil ngelirik tulisan di draft yang menumpuk minta diedit, dan dipublish).

Btw,ayam suwir bumbu bali ini rasanya sebelas dua belas sama Rica-rica Ayam yang sering saya buat. Cuma bedanya, Rica-rica Ayam, Ayamnya nggak disuwir-suwir. Tapi dipotong kotak, atau dipotong sesuai selera. Lebih mantap kalo ada tulangnya. Rasanya lebih pedas karena ada tambahan cabe Rawitnya. Sedangkan Ayam Suwir Bumbu Bali, Ayamnya direbus terlebih dahulu, baru disuwir-suwir. Rasanya tidak begitu pedas meski berlimpah Cabe merah. Kalo Cabe Rawit Merah, lain cerita! Hihihi.

Bahan :

1/4 kg Ayam Bagian Dada
5 Bawang Merah
2 Bawang Putih
1 buah Tomat sedang
1 batang Sereh, geprek
2 lembar Daun Salam
2 lembar Daun Jeruk
1 ruas Lengkuas
Secukupnya Gula Pasir
Secukupnya Garam
Secukupnya Penyedap Rasa

Cara Membuat :

1. Rebus ayam dengan 1 liter air atau lebih, tambahkan 1 sdm garam dan 2 lembar daun salam
2. Haluskan cabe, duo bawang, dan tomat
3. Setelah ayam matang, tiriskan, suwir-suwir
4. Tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, sereh, dan lengkuas
5. Masukkan ayam, aduk rata
6. Tambahkan secukupnya air, garam dan penyedap rasa
6. Masak hingga kuah surut
6. Koreksi rasa, angkat
7. Sajikan bersama irisan mentimun dan dan Kemangi

* Takaran bumbu sesuai selera saja

Nah, simpel to? Hihihi. Kalo nggak habis sekali makan, bisa buat campuran nasi goreng atau Cah Kangkung. Sedaaap dan mantap!

Selamat eksekusi di rumah ya?

~ Tyas Ummu Hassfi, Yogyakarta 24 Februari 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s