Ebi Furai

Nyumm..

Tempo hari, Dek Rizki Ratih Mustika Dewi bikin Udang Krispi. Mupeng pengen bikin juga. Akhirnya, kemarin pesen Udang deh ke Bu Narsih.

Setelah Udang di tangan, labil masaknya kumat. Hahaha. Liat stok Bread Crumbs alias Tepung Roti yang dibeli di Superindo ahad lalu, sukses membuat galau. Akhirnya, kuputuskan bikin Ebi Furai aja. Penasaran juga sih, kayak mana masaknya? Secara selama ini, taunya makan doang di Sushi Story.

Ternyata, gampang-gampang susyeh. Susahnya, kalo ekornya tiba-tiba mlengkuwer pas digoreng. Dan, lama.. Karena kudu nyabutin urat dan saluran kotorannya yang kayak benang satu-satu. Tapi, puas dengan rasanya yang gurih krenyes-krenyes. Hihihi.

Monggo dicoba resepnya. Ini cocok banget buat bekal Suami, anak-anak, atau buat sarapan. Karena, bisa tahan lama disimpan di freezer.

Bahan :

10 ekor Udang Besar
Minyak yang Banyak

Bahan Pelapis :

2 Siung Bawang Putih, parut halus
Secukupnya Lada Bubuk
100 gram Bread Crumbs (Tepung Roti)
1 butir Telur
Sejumput Garam
6 sdm Tepung Maizena
6 sdm Air

Cara Membuat :

1. Cuci bersih Udang, buang kepala dan kelupas kulitnya. Tarik urat yang berbentuk seperti benang. Yang berwarna hitam di punggung dan putih berbintik di perut. Kalo nggak diambil, nanti saat digoreng akan melengkung.

wp-image-71144278jpg.jpg


2. Gurat-gurat bagian perutnya, telungkupkan, dan tekan.

wp-image-1569139368jpg.jpg
3. Pastikan tangan kering saat akan melumuri Udang ke bread crumbs.

wp-image-2041210144jpg.jpg
4. Campur semua bahan pelapis kecuali bread crumbs

wp-image-641528855jpg.jpg


5. Angkat udang di bagian ekornya. Masukkan udang ke adonan pelapis, kemudian balurkan ke bread crumbs. Pepatkan dengan dikepal.

wp-image-1078298213jpg.jpg
6. Ulangi proses nomor lima. Kalo ingin tekstur udang krenyes-krenyes, tepungnya kriwil-kriwil, tidak perlu dikepal lagi
7. Goreng dengan api kecil dalam minyak panas. Hati-hati gosong.

wp-image-903878617jpg.jpg
8. Setelah berwarna keemasan, angkat udang.
9. Ebi Furai siap disantap bersama Salad Sayur dan Mayonaise, atau dengan sambal favorit.

Selamat Mencoba yaa? ^^

© Tyas Ummu Hassfi ~ Yogyakarta, 3 Maret 2017

Save

Advertisements