Udang Saus Padang 

Sedaaaap….

Banyak yang nggak percaya kalo uang 50 ribu bisa untuk 2 – 3 hari. Terlebih, saya seringnya berbagi menu yang kelihatannya enak. 😂 Kuncinya, mudah saja. Yakni punya daftar menu, serta membeli sayuran atau daging/udang/ayam/telur yang bisa dibuat berbagai macam masakan.

Contoh, Udang. Kemarin Kamis, saya membeli Udang ukuran besar. 1/2 Kg senilai Rp.  33. 000,-. Berisi sekitar tiga puluhan ekor udang.  Udang ini, saya bagi menjadi tiga. Yakni, sepuluh ekor untuk Ebi Furai, Delapan ekor untuk Sayur Sop, dan sisanya yang berukuran agak kecil untuk dibuat Udang Saus Padang. Yang saya masak hari ini.

Sayurnya? Saya juga membeli sayur yang bisa dimasak untuk menu lain. Misal, paket Sayur Sop. Paket Sayur Sop terdiri dari Kobis, Wortel, Brokoli dan Daun Bawang.  Paket sayur sop ini seharga 3000. Saya bagi untuk tiga menu juga. Yakni, Cap Cay, Sayur Sop, dan Kobisnya untuk Bakwan. Wortelnya juga dibagi empat. Pas milih paketnya, cari yang Wortelnya besar! 😂 Saya bikin sayur sop, bakwan, cap cay, dan tumis jipang.

Trus, Welok/Jipang/Labu Siam. Saya beli sebiji seharga 1500. Saya masak Tumis Jipang dan sebagai campuran Siomay.

Jadi, itu pentingnya memiliki daftar menu. Jika daftar menu tidak terpakai, minimal skill membagi sayur dan daging/udang /ayam/telur menjadi beberapa menu akan terasah. Tapi yaaa gitu deh, saya baru bisa membuat variasi menu antara lauk dengan sayur. Belum belajar lebih jauh soal kandungan gizinya, menyeimbangkan keduanya agar tidak terjadi kelebihan kolesterol, garam, lemak, dll. In syaa ALLAH berguru dulu sama Para S. Gz,  Dek Arum, Dek Labiq, atau Dek Anggi. Hihihi.

Oya, cabenya? Bawangnya? Saya nyetok untuk  seminggu.

Ladanya? Ketumbarnya?  Saya nyetok untuk sebulan.

Minyaknya?  Garamnya? Saosnya? Saya nyetok untuk sebulan.

Pembahasan mengenai pengaturan uang belanja In syaa ALLAH saya bahas lain waktu ya? 😂
Sekarang kita bahas menu makan sore hari ini, yakni Udang Saus Padang. Siomay-nya, buat kudapan aja.

Saya nemu resep ini di Aplikasi yang saya unduh dari Play Store. Tapi aplikasinya sudah dihapus gara-gara kebanyakan file foto masakan. 😂 Untung saya SS. Jadi, bisa dipraktekkin.

Bahan :

250 gram Udang ukuran sedang

1 bungkus Saos Tiram (Saori)

2 sdm Saos Sambal

Secukupnya Merica Bubuk

150 ml Air

Secukupnya Gula dan Garam

1 batang Daun Bawang untuk disajikan

Bumbu Halus :

4 siung Bawang Merah, goreng utuh

2 siung Bawang Putih, goreng utuh

4 biji Cabe Merah, rebus

2 biji Cabe Rawit Merah, goreng

1 ruas Jahe

1 buah Tomat ukuran kecil

Cara Membuat :

1. Rebus Udang hingga matang, angkat, tiriskan

2. Tumis bumbu halus, masukkan saus tiram, saus sambal, dan air. Aduk-aduk.

3. Masukkan udang, tambahkan gula dan garam

4. Aduk rata. Masak hingga matang, kuah kental

5. Sajikan di piring, lalu taburi irisan daun bawang

Selamat mencoba!

© Tyas Ummu Hassfi ~ Yogyakarta, 04 Maret 2017

Save

Leave a Reply

