Balado Terong

wp-1490149006368.png

Sudah masak sarapan Buibu? Maa syaa ALLAH.. Pagi ini cuacanya syahdu ya? Hujan rintik-rintik, ditambah aroma tanah yang basah, bikin badan pengen nempel terus di kasur. Tapi apalah daya, ada tugas negara yang harus ditunaikan demi kemaslahatan perut dan pikiran Pemimpin Negara. Negara rumah tangga maksudnyaah.. Hahaha.

Nah, pagi ini, aku masak Balado Terong. Jujur ya, aku sebetulnya nggak doyan terong. Hanya karena pas di Malang, beberapa waktu lalu, Abang makan Balado Terong, dan nanya ke aku, “Bisa masak ini enggak? Aku suka banget terong dimasak kayak gini lho..”, jadilah aku ‘Berkorban’ buat masak dan makan terong. Karena, selain terong murah, kalo disimpen di kulkas, bisa tahan tiga hari nggak keriput. Ekonomis kan! 😂


Terong, biasa kubuat empat varian menu. Balado Terong, Lodeh, Sayur Asem, dan Terong Krispi. Dan pagi ini, aku masak balado terong. Seperti biasa, untuk resep aku masih rajin nyontek punya Mbak Endang. Hahaha, nggak kreatif amat yak? Yah.. Gimana lagi, wong aku cocok sih sama resepnya beliau. Dan pengalaman di dunia cooking and baking masih seupriit bangetlah. Lhaaa.. Baru berani masak ini itu juga setelah menikah kok. Dan bikin kue yaa baru-baru ini.. Gubraak.. 😂

Di resep asli, terongnya dikukus dan sambelnya disiram ke terongnya. Tapi aku dipanggang, dan sambelnya dicampur saat masak. Biar lebih meresap sih.

Ini simpel kok.. Aku rekomendasikan buat dicoba di rumah nih.. Hihihi. Btw, aku kalo masak untuk dua porsi orang dewasa dan sekali makan ya? Jadi, selesai makan, sayur langsung habis. Tujuannya, buat menghindari tabzir dan tentu supaya masakan di rumah selalu fresh.

Bahan :

2 buah Terong Ungu, belah dua, jangan sampe putus
10 butir Telur Puyuh rebus, kupas
3 sdm Minyak Goreng
1 ruas Jahe, geprek
1 ruas Lengkuas
Secukupnya Gula Pasir
Secukupnya Garam
2 lembar Daun Jeruk
1 lembar Daun Salam

Bumbu Halus :

5 buah Cabe Merah
3 buah Cabe Rawit Merah
2 siung Bawang Putih
5 siung Bawang Merah

Cara Membuat :

1. Panggang Terong hingga lunak dan matang (bisa dikukus seperti resep asli)
2. Goreng Telur Puyuh hingga berkulit kecoklatan
3. Tumis bumbu halus dan bahan lainnya hingga harum, masukkan Terong dan telur Puyuh. Kalo minyak dirasa kurang banyak, bisa ditambah sedikit lagi.
4. Masak hingga terong dan telur Puyuh tercampur sempurna dengan bumbu
5. Koreksi rasa. Angkat, sajikan.

Selama memasak yaa.. ^^

© Tyas Ummu Hassfi, Yogyakarta, 20 Maret 2017

Leave a Reply

