Nasi Goreng Terasi Ala Mama Mertua

Nasi Goreng Terasi

Aku akui, semua resep dari Mama Mertua itu enak. Dan aku getol banget “nginthil” beliau masak pas lagi mudik ke Batam, atau setiap telpon mesti selalu ngobrolin resep. Atau curhat, abis gagal bikin sesuatu, trus beliau kasih tips-tipsnya, hihihi. Sehat selalu ya Mah?

Pagi ini, sarapan Nasi Goreng. Resepnya, ala Mama Mertua dong.. Hihihi. Karena, aku nggak pede bikin nasi goreng ala aku sendiri. Apalagi buat sarapan. Karena bagiku, sarapan itu adalah momen yang sangat krusial untuk perut dan otak Suami. Kalo nggak enak, bikin Abang ogah habisin makanannya, yang berdampak pada kurangnya bahan bakar yang memberi tenaga untuk bekerja dan berpikir, akibatnya, perut jadi laper, bikin loyo, ngantuk, dan nggak fokus. Nah, kan bahaya tuh bagi emosi dan pendapatan?

Resep ini, sangat praktis dan nggak pake lama masaknya. Aku dapetnya pas lagi mudik ke Batam beberapa waktu lalu, bantuin mama masak buat sarapan, jadi tahu bahan dan teknik masaknya. Tapi, baru aku eksekusi tadi. Karena selama ini, nyetok bumbu Nasgor Instant. Nah, karena tadi kepepet, Abang protes, “Kok pagi-pagi makan Ikan Tuna?”, njug bumbu Kobe-nya mengeras karena aku lupa nge-klip bungkusnya, jadi deh ‘terpaksa’ masak Nasi Goreng Terasi, hihihi.

Bukannya apa ya? Aku sejujurnya menyerah saat akan masak nasi goreng. Apalagi kalo nasinya pas nggak mawur alias agak lembek. Kalo masak nasi goreng dengan nasi yang lembek, rasanya itu berminyak banget, malah bikin eneg dan jenuh.

Tapi, daripada aku semakin galau, akhirnya, aku nekat bikin nasi goreng terasi ini, sambil harap-harap cemas, semoga enggak terlalu berminyak dan rasanya enak. Dan, setelah disantap, Abang sukaaaa banget. Nasinya nggak berminyak, nggak lengket, dan bumbu meresap sempurna ke nasi. Alhamdulillah, emang nih, kudu rajin berguru sama mama, biar makin ditambah uang belanjanya.. #ehh 😂

Udah ah ndongengnya, sekarang kita menuju resep aja deh.. Hihihi.

Bahan :

1 piring Nasi, dinginkan
4 siung Bawang Merah, iris halus, goreng
Secukupnya Garam
Secukupnya MSG (Jika suka)
2 sdm Minyak Goreng

Bumbu Halus :

Segenggam Cabe Rawit Hijau (Tadi aku pake Cabe Rawit Merah dan Cabe Keriting, karena stok cabe rawit ijo lagi abis)
2 bungkus Terasi (Terasi eceran), bakar

Cara Membuat :

1. Tumis bumbu halus hingga harum, masak dengan api kecil
2. Masukkan nasi, aduk rata
3. Tambahkan bawang merah goreng, aduk rata
4. Masukkan garam dan MSG, aduk rata
5. Boleh ditambah sedikit kecap. Sedikiiit saja ya?
6. Koreksi rasa, angkat
7. Sajikan bersama Telur Ceplok sebagai penambah nutrisi

Selamat mencoba.. 💝

© Tyas Ummu Hassfi, Yogyakarta, 22 Maret 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s