Cake Tape Ketan Pandan

17425820_1969787116584262_4354231934364519632_n
Maniseee..


Kemarin, dikasih Tape Ketan Ijo sama Ibunya temen Abang. Tape khas kampung, dan rasanya manis-manis madu. Berhubung tapenya udah berair banget, saya bingung mau diapain? Kalo cuma dicemil doang rasanya sayang.

Akhirnya, tadi saya bikin Cake Tape Ketan. Coba-coba eksperimen, siapa tahu berjodoh jadi.. Hihihi.

Cake ini no oven dan no mixer. Cepet prosesnya, dan irit bahan tentu saja. Favorit banget deh.. Hihihi. 
Tapi, rasa Ketan ijonya kurang kuat. Ini semata-mata karena saya khawatir adonannya jadi bantat. Jadi tadi cuma kuberi satu sendok munjung banget tape ketan, dan pake tiga butir telur. Hasilnya, empuk dan padat. Rasanya mirip-mirip pukis pandan, karena saya kebanyakan make perasa pandan. 😂

Buat anak kost, cocok banget nih. Bisa dikukus di Magic Com. Nggak pake ribet. Dijamin!

Bahan :

3 butir Telur
6 sdm Tepung Terigu
6 sdm Gula Pasir, boleh lebih kalo suka
8 sdm Minyak Goreng atau Margarin leleh
1/2 sdt Soda kue
1/2 sdt Baking Powder
1 sdm munjung, boleh lebih Ketan Hijau
1 sdt Perisa Vanilla
Secukupnya Perasa Pandan

Cara Membuat :

1. Blender telur, gula pasir, dan Tape Ketan. Sebentar saja.
2. Aduk-aduk tepung terigu, soda kue, baking powder, dan perisa Vanilla
3. Tuang adonan yang telah diblender ke dalam adonan tepung
4. Aduk rata dengan spatula, tambahkan perasa pandan
5. Tuang ke dalam loyang tulban (loyang cincin) yang telah diolesi tepung dan mentega atau minyak
6. Kukus hingga matang. Test tusuk dengan tusuk gigi atau lidi. Jika tidak ada adonan yang menempel, tanda cake sudah jadi
7. Angkat dari loyang, balik, potong sesuai selera

Nah, cakenya sudah jadi deh.. Hihihi. Gampang kan?

Selamat mencoba ya teman-teman?

© Tyas Ummu Hassfi, Yogyakarta, 23 Maret 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s