Suwir Tuna Sambal Dabu-dabu

17309426_1969637259932581_5035057806346271121_n
Segeeeer…

Semalem Dewi nanya, “Bisa bikin Sambal Dabu-dabu nggak?”, saya segera menjawab, “Bisa” meski sebenernya belum pernah bikin. 😂 Tapi, tahu bahan-bahannya. Karena, beberapa waktu yang lalu, pernah liat postingan sambal Dabu-dabu di grup Langsung Enak.

Mendengar sambal Dabu-dabu, yang pertama kali terlintas di benak adalah Ikan Tuna yang masih bersisa di kulkas. Akhirnya, pagi ini saya goreng ikan tuna dan meracik sambal Dabu-dabu. Sayurnya, cukup dengan Kangkung rebus, dan buahnya Semangka.

Hmmm.. Membayangkan ikan tuna yang disuwir-suwir, dengan rasa asem, manis, asin, dan pedas benar-benar menggugah selera. Terbukti, saat hidangan disajikan, saya tambah tiga porsi nasi! Hahaha, Suami juga bilang, “Enak..!” Meski tetep, kulit gatal-gatal, tapi minimal, saya bisa bilang kalo ternyata, “Ikan itu enak!”. Ibu sampai nggak percaya lho, saya mau makan Ikan dan memasaknya. Sampe nanya berkali-kali untuk meyakinkan beliau tidak salah dengar, “Doyan mangan iwak? Iwak banyu? Temenan kuwe? Nengapa ora kawit cilik le doyan?? ” wkwkwk, translate sendiri yak?

Resep sambal Dabu-dabu, saya nyontek punya Mbak Diah Didi, sedangkan untuk baluran ikannya, cukup dengan garam dan jeruk nipis. Lumayan berhasil untuk menghilangkan rasa ‘ikan’ dan bau amis. Tips ini, saya peroleh dari Mbak Endang. Makasih ya Mbak Diah dan Mbak Endang, untuk ilmunya? Dari kedua website merekalah, saya belajar masak. Tentu saja, dengan Mama Mertua dan Ayuk-ayuk Ipar. Hihihi.

Mau mencoba juga? Boleh.. Yuk simak resepnya!

Bahan :


1/2 ekor Ikan Tuna, potong, baluri dengan perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan sekitar 10 menit.

Sambal Dabu-dabu :

Note : Semua bahan takarannya nggak harus sama persis kok. Disesuaikan saja dengan banyaknya ikan atau selera. Resep diadaptasi dari blog www.diahdidi.com

1 buah Tomat, potong dadu kecil-kecil
5 siung bawang merah, iris tipis-tipis
Segenggam Kemangi, petiki daunnya
5 buah Cabe Rawit Merah, iris tipis
1 buah Jeruk Sambel (Saya pake jeruk nipis)
2 sdm Minyak Panas

Cara Membuat :

1. Goreng ikan hingga matang, angkat, tiriskan, Suwir-Suwir
2. Campur semua bahan sambal, aduk rata sambil ditekan sedikit
3. Masukkan suwiran ikan ke mangkoknya, siram dengan sambal Dabu-dabu, aduk rata
4. Pindah ke piring saji, sajikan bersama kangkung rebus dan nasi panas kemebul

Hmmm.. Nyummy! Dijamin nambah lagi lhoo.. Hihihi..

Selamat mencoba!

© Tyas Ummu Hassfi, Yogyakarta, 23 Maret 2017

Leave a Reply

