Pastel

17309331_1970163643213276_967315769248472967_n

Membaca resep yang dibagikan oleh teman-teman, selain terinspirasi buat masak, jadi nambah referensi resep yang In syaa ALLAH dipakai seterusnya kelak, yang akan kuhidangkan untuk keluarga. Semoga berbuah pahala ya temen-temen, karena telah membantuku menunaikan kewajiban untuk menyenangkan keluarga melalui makanan yang akan menegakkan tulang mereka, menjadi daging, dan tenaga untuk berpikir, belajar dan bekerja.

Nah, makanya, setiap nemu resep, aku selalu menyertakan siapa pemilik resepnya. Sebagai bentuk apresiasi atas kesediaan mereka membagikan resep, sekaligus ungkapan rasa terima kasih, karena dengan resepnya, aku bisa masak yang enak-enak untuk keluarga.

Kali ini, aku membagikan resep Master Chef yang lagi merantau ke Negeri Sakura aka Jepang. Umminya Maryam Parabombay, Mbak Rini Yuniastuti Hihihi.

Aku selalu rajin ngintip timeline beliau, soalnya resepnya menggoda wajan. 😂 Diam-diam, aku SS, dan terang-terangan aku eksekusi. Hahaha. Jazakillahu khairan yaa Mbak Rini.. 😘

Yak.. Kemarin sore aku bikin Pastel. Dulu udah pernah sih bikin pastel, tapi keras banget. Kalo nggak keras, rasanya aneh. Setelah eksekusi pastelnya Mbak Rini, ternyata enak banget! Kriuk dan tahan lama. Nggak cepet mlempem atau mengkerut sebagaimana yang pernah aku buat sebelumnya.

Ini sih termasuk pastel basah ya menurutku. Karena isinya kentang dan wortel. Tapi rasanya, bisa diadu dengan pastel-pastel di jamuan acara hajatan atau seminar-seminar. Enak banget! Bahannya juga simpel, dan praktis.

Layak masuk daftar tunggu untuk dieksekusi. Hihihi. Ini resepnya ya? Aku modifikasi sedikit bahannya, ada yang dikurangi atau diganti bahannya. Yang dikurangi, bawangnya, karena Abang nggak suka bawang. Kentang dan Wortel, menyesuaikan aja. Trus, Margarin aku ganti minyak goreng, karena stok margarin lagi abis. 😂

Bahan Isi :

1 buah kentang, kupas, potong dadu kecil-kecil (Resep asli 2 buah)
1/2 buah wortel ukuran besar, kupas, potong dadu kecil-kecil
1 sdm Tepung Maizena, larutkan dengan air
1/2 sdt Merica Bubuk
1/4 buah Bawang Bombay, cincang (Resep asli 2 buah)
1/2 siung Bawang Putih, cincang halus (Resep asli 2 buah)
Air secukupnya, untuk melunakkan wortel dan kentang
Secukupnya Gula Pasir
Secukupnya Garam
Penyedap Rasa Sapi (Resep asli nggak pake)

Cara Membuat :

1. Tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum
2. Masukkan wortel dan kentang, aduk rata
3. Tambahkan gula, merica, garam, penyedap rasa, dan air secukupnya
4. Setelah air agak sudut atau wortel dan kentang mulai lunak, tambahkan maizena yang telah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk sebentar
5. Koreksi rasa, matikan api, dinginkan

Bahan Kulit :

200 gram Tepung Terigu Serbaguna
3 sdm Minyak Goreng (Resep asli 3 sdm munjung margarin)
1/4 sdt Garam
2 sdm Maizena
Secukupnya Air

Cara Membuat :

1. Campur semua bahan, uleni sebentar hingga kalis
2. Setelah bahan tidak lengket, ambil sedikit adonan, bentuk bulat-bulat kecil
3. Gilas dengan Rolling Pin atau gelas, botol, dll. Lakukan hingga adonan habis
4. Ambil satu lembar adonan, isi dengan 1 sdt bahan isi
5. Rekatkan tepinya, dan lipat-lipat seperti lipatan pastel pada umumnya (susah jelasinnya 😂, tapi paham kan ya kayak mana?)
6. Goreng pastel dengan minyak panas dan banyak. Gunakan api kecil
7. Setelah berwarna keemasan, angkat
8. Sajikan bersama cabe rawit atau dicocol saos selagi hangat

Gampang kan? Selamat mencoba yaa? Oya, bahan isinya bisa diganti dengan abon, suwiran ayam, dll. Nanti testimoninya boleh lho dishare disini.. Hihihi..

© Tyas Ummu Hassfi, Yogyakarta, 24 Maret 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s