Puding Motif

17425116_1970352146527759_8503089809566565963_n
Lapisan coklatnya rapuh… ;(

Terinspirasi dari resep Puding Motif yang dibagikan Fah Umi Yasmin yang banyak berseliweran di timeline Grup Langsung Enak, saya jadi tergerak untuk ikut-ikutan latah bikin puding ini. Meski terbetik rasa tidak pede.

Saya suka puding, sejak belum menikah pun hobi bikin puding. Masalahnya, dulu saya menggunakan puding instan, seperti Haan dan Pondan. Saya menyerah membuat puding dari agar-agar biasa, kemudian meraciknya dengan susu ataupun santan. Rasanya lebih sering nggak enak, ketimbang enaknya. Huhuhu.

Puding-puding buatan saya yang terbuat dari agar-agar seringnya berakhir di tong sampah pada hari ke tujuh. Karena nggak laku dimakan suami, atau saya sendiri. Terlalu lama mengendap di kulkas, akibatnya puding basi, dan tidak bisa lagi disantap. Sedih dong.. Hiks.

Beberapa hari lalu, saya bulatkan tekad untuk menjajal puding motif ini. Menggunakan agar-agar yang bagus, merk Swallow Globe. Penasaran, pengen nyobain ngerok motifnya, hihihi. Setelah dicoba, baru deh bilang, “Ooo.. Gitu doang to?” hahaha.

Rasanya enak, cara buatnya gampang. Cuma, lapisan cokelat puding buatan saya ini, rapuh banget dan mudah patah. Salahnya saya, terlalu banyak memasukkan air untuk lapisan cokelatnya. Sedangkan lapisan putih, udah bener. Nah, next time, In syaa ALLAH saya mau mencoba lagi. Tapi sepertinya, nggak pake agar-agar. Pake puding instan saja, supaya lebih lembut dan nyokelat banget. Kita lihat besok ya, jadinya seperti apa? Hihihi.

Nah, berikut resep Puding Motif milik Fah Umi Yasmin. Nggak saya modifikasi, sesuai pakem aja.. Hihihi. Tapi emang sayanya aja yang nggak bakat bikin puding. Dan motivasinya nggak setinggi ketika bikin Cake sih, jadi kurang greget. At least, rasanya enak kok.. Hihihi

Bahan Putih :

1 bungkus agar-agar Plain (7 gram)
750 ml – 800 ml Santan / Susu
1/4 sdm Garam
5 sdm Gula Pasir

Bahan Warna :

1 bungkus Agar-agar warna (Cokelat, Hijau atau Merah)
750 ml Air
5 sdm Gula Pasir
1/4 sdm Garam

Cara Membuat :

1. Campur semua bahan, didihkan.
2. Setelah mendidih, tukang ke dalam loyang persegi panjang. Bekukan.
3. Setelah puding putih membeku, kerok memanjang dengan kerokan blewah. Kerok dua lajur.
4. Sisihkan bagian yang telah dikerok
5. Campur semua bahan warna, didihkan
6. Tuang adonan warna ke bekas kerokan tadi. Ambil sisa kerokan, potong selebar loyang. Tata berjejer. Sisakan dua sisa kerokan
7. Siram lagi potongan kerokan dengan adonan warna, tata dua sisa kerokan tadi sepanjang loyang. Siram kembali dengan puding warna hingga habis
8. Bekukan
9. Setelah beku, potong-potong puding sesuai selera

Selamat mencoba ya?

© Tyas Ummu Hassfi, Yogyakarta, 24 Maret 2017

Leave a Reply

