Bika Ambon (Pandan)

Bika Ambon
Abaikan tepinya yang gosong… hihihi..

Kalo kemarin pontang-panting bikin Cake Karamel atau Sarang Semut, nah tadi bisa kalem waktu bikin Bika Ambon. Selama ini, saya pikir membuat Bika Ambon amatlah susah, sebagaimana membuat sarang semut. Untuk menghasilkan tekstur yang bersarang, sarang semut menggunakan soda kue sebagai pengembangnya, sedangkan bika ambon menggunakan ragi.

Nah, lantas, apa perbedaan antara Bika Ambon dengan Sarang Semut?

Continue reading “Bika Ambon (Pandan)”

Advertisements

Pastel

17309331_1970163643213276_967315769248472967_n

Membaca resep yang dibagikan oleh teman-teman, selain terinspirasi buat masak, jadi nambah referensi resep yang In syaa ALLAH dipakai seterusnya kelak, yang akan kuhidangkan untuk keluarga. Semoga berbuah pahala ya temen-temen, karena telah membantuku menunaikan kewajiban untuk menyenangkan keluarga melalui makanan yang akan menegakkan tulang mereka, menjadi daging, dan tenaga untuk berpikir, belajar dan bekerja.

Nah, makanya, setiap nemu resep, aku selalu menyertakan siapa pemilik resepnya. Sebagai bentuk apresiasi atas kesediaan mereka membagikan resep, sekaligus ungkapan rasa terima kasih, karena dengan resepnya, aku bisa masak yang enak-enak untuk keluarga.
Continue reading “Pastel”

Puding Motif

17425116_1970352146527759_8503089809566565963_n
Lapisan coklatnya rapuh… ;(

Terinspirasi dari resep Puding Motif yang dibagikan Fah Umi Yasmin yang banyak berseliweran di timeline Grup Langsung Enak, saya jadi tergerak untuk ikut-ikutan latah bikin puding ini. Meski terbetik rasa tidak pede.

Saya suka puding, sejak belum menikah pun hobi bikin puding. Masalahnya, dulu saya menggunakan puding instan, seperti Haan dan Pondan. Saya menyerah membuat puding dari agar-agar biasa, kemudian meraciknya dengan susu ataupun santan. Rasanya lebih sering nggak enak, ketimbang enaknya. Huhuhu.

Continue reading “Puding Motif”

Suwir Tuna Sambal Dabu-dabu

17309426_1969637259932581_5035057806346271121_n
Segeeeer…

Semalem Dewi nanya, “Bisa bikin Sambal Dabu-dabu nggak?”, saya segera menjawab, “Bisa” meski sebenernya belum pernah bikin. 😂 Tapi, tahu bahan-bahannya. Karena, beberapa waktu yang lalu, pernah liat postingan sambal Dabu-dabu di grup Langsung Enak.

Mendengar sambal Dabu-dabu, yang pertama kali terlintas di benak adalah Ikan Tuna yang masih bersisa di kulkas. Akhirnya, pagi ini saya goreng ikan tuna dan meracik sambal Dabu-dabu. Sayurnya, cukup dengan Kangkung rebus, dan buahnya Semangka. Continue reading “Suwir Tuna Sambal Dabu-dabu”

Cake Tape Ketan Pandan

17425820_1969787116584262_4354231934364519632_n
Maniseee..


Kemarin, dikasih Tape Ketan Ijo sama Ibunya temen Abang. Tape khas kampung, dan rasanya manis-manis madu. Berhubung tapenya udah berair banget, saya bingung mau diapain? Kalo cuma dicemil doang rasanya sayang.

Akhirnya, tadi saya bikin Cake Tape Ketan. Coba-coba eksperimen, siapa tahu berjodoh jadi.. Hihihi.

Cake ini no oven dan no mixer. Cepet prosesnya, dan irit bahan tentu saja. Favorit banget deh.. Hihihi.  Continue reading “Cake Tape Ketan Pandan”

Nasi Goreng Terasi Ala Mama Mertua

Nasi Goreng Terasi

Aku akui, semua resep dari Mama Mertua itu enak. Dan aku getol banget “nginthil” beliau masak pas lagi mudik ke Batam, atau setiap telpon mesti selalu ngobrolin resep. Atau curhat, abis gagal bikin sesuatu, trus beliau kasih tips-tipsnya, hihihi. Sehat selalu ya Mah?

Pagi ini, sarapan Nasi Goreng. Resepnya, ala Mama Mertua dong.. Hihihi. Karena, aku nggak pede bikin nasi goreng ala aku sendiri. Apalagi buat sarapan. Karena bagiku, sarapan itu adalah momen yang sangat krusial untuk perut dan otak Suami. Kalo nggak enak, bikin Abang ogah habisin makanannya, yang berdampak pada kurangnya bahan bakar yang memberi tenaga untuk bekerja dan berpikir, akibatnya, perut jadi laper, bikin loyo, ngantuk, dan nggak fokus. Nah, kan bahaya tuh bagi emosi dan pendapatan?

Continue reading “Nasi Goreng Terasi Ala Mama Mertua”